Tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), anda tetap bisa memberikan hak suara pada Pemilu 17 April jika memiliki KTP elektronik, dengan ketentuan tertentu.

Rika Arnelia Komisioner KPU Kota Sawahlunto mengatakan khusus bagi yang tidak terdaftar di DPT tapi menunjukkan KTP-e kepada KPPS dibolehkan menggunakan hak pilihnya pada pukul 12 – 1 siang atau satu jam sebelum pemungutan suara selesai.

Hak pilih tersebut hanya berlaku di TPS yang berada di RT/RW sesuai dengan alamat warga tersebut, sepanjang surat suara masih tersedia di TPS tersebut.

Jika surat suara habis, dibolehkan menggunakan hak suara di TPS yang berdekatan tapi masih dalam desa/kelurahan yang sama.

Diungkapkan Rika, di kota ini 45.778 pemilih terdaftar di DPT dan sekitar 190 warga sudah memiliki KTP-e tetapi tidak terdaftar di DPT dengan berbagai alasan.

Sementara Drs. Eldasrizal Kasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sawahlunto mengatakan hingga H-1 Pemilu serentak, masih ada beberapa warga yang melakukan perekaman data KTP-e.

Bahkan untuk membantu warga yang memiliki hak pilih, Dinas Dukcapil tetap membuka layanan perekaman data KTP elektronik di hari pemungutan suara 17 April 2019.
Khusus di tanggal 17 April pelayanan kependudukan dibuka hingga pukul 12 siang. Jika syarat administrasi lengkap, KTP elektronik bisa langsung diterima dalam 2 jam setelah perekaman data elektronik.

Eldasrizal mengatakan hingga H-1 Pemilu, 99% penduduk Sawahlunto wajib KTP elektronik sudah melakukan perekaman data.(humas)




ARTIKEL LAIN