3091 Hewan Telah Divaksinasi Rabies

Hingga akhir Mei 2018, lebih dari 3000 ekor hewan penular rabies telah divaksinasi oleh petugas UPTD Kesehatan Hewan Kota Sawahlunto.
Drh. Feri Oktafiandris Kepala UPTD terkait mengungkapkan Vaksinasi diberikan secara gratis sebagai upaya mencegah penularan penyakit rabies kepada hewan peliharaan maupun kepada manusia.

Pemberian vaksin dilakukan pihaknya dengan mendatangi pemilik hewan door to door ke desa kelurahan di empat kecamatan.

Di tahun ini pihaknya menyediakan 3500 vaksin rabies gratis. Dari jumlah itu sekitar 3091 vaksin telah disuntikkan kepada hewan peliharaan masyarakat pada kegiatan tahap pertama di bulan Mei 2018.

Direncanakan kegiatan vaksinasi tahap 2 akan dilakukan pada bulan September – Oktober dengan memanfaatkan vaksin yang tersisa yaitu sekitar 400 vaksin. Di tahap dua ini hewan yang disasar adalah hewan yang belum mendapat vaksin di tahap 1.

Lebih lanjut dipaparkannya hewan yang telah divaksinasi akan memiliki kekebalan yang baik terhadap inveksi rabies. Sementara yang tidak divaksin kemungkinan tertular rabies bisa hampir 100%.

Kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan terutama seperti anjing, monyet ia menghimbau untuk memberi vaksin setidaknya 1 kali setahun untuk mencegah penyakit rabies yang tidak hanya membahayakan bagi hewan tapi juga visa menginveksi manusia.(humas)




ARTIKEL LAIN