Ribuan kubik tanah bercampur material lain yang mengancam pemukiman warga Kelurahan Aur Mulyo, Kecamatan Lembah Segar, dibersihkan oleh alat berat dari Pemko Sawahlunto bergotong royong dengan Babinsa dan warga setempat.

Hingga siang ini badan jalan yang tertutup longsor arah ke SMAN 1 sudah terbuka dan bisa dilewati, sementara di titik di bawah Villa Puncak Polan sudah bisa dilewati kendaraan roda 2.

Pemko menurunkan 1 alat berat dari BPBD, 2 alat berat Dinas PU, 25 petugas TRC untuk melakukan pembersihan dan dibantu mobilisasi alat berat oleh CV BMK.

Menurut Subandi Sekretaris Camat setempat, longsoran tersebut mulai turun sejak rabu minggu lalu dan semakin hari semakin banyak hingga mengancam 5 rumah warga di kawasan itu.

Tak tertangani secara manual, pihak LPM, Lurah dan Camat setempat berkoordinasi meminta bantuan BPBD untuk mengatasi dengan bantuan alat berat.

“Sejak kemaren Pemko menurunkan alat berat dan tim BPBD yang masih terus bekerja hingga semalaman suntuk hingga subuh. Bahkan mereka masih bekerja mengatasi ribuan kubik tanah hingga siang ini” ujar Subandi Sekretaris Camat Lembah Segar.

Subandi mengatakan, meski jalan telah terbuka dan material longsor sudah dibersihkan, namun masyarakat dihimbau untuk tetap waspada, terutama disaat turun hujan.

Wawan Setiawan, ST Kasubid Kedaruratan dan Logistik BPBD mengatakan saat ini hingga seminggu kedepan, pihaknya masih akan bekerja untuk membersihkan material longsor yang tersisa, sekaligus menata bend semacam jenjang sehingga jika longsor terjadi lagi, resiko pemukiman warga terkena longsor dapat diminimalisir.(humas)




ARTIKEL LAIN