Jajaran Koramil 05 Sawahlunto Komando Distrik Militer (Kodim) 0310 Sawahlunto Sijunjung bersama perusahaan tambang lokal di ‘Kota Arang’, CV. BMK dan didukung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto melakukan bedah rumah milik veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

Adalah rumah milik veteran dengan nama (almarhum) Ludin yang dibedah oleh Kodim 05, CV. BMK dan Pemko Sawahlunto. Rumah tersebut terletak di Dusun Pintu Angin, Desa Tumpuak Tangah, Kecamatan Talawi. Rumah tersebut saat ini dihuni oleh anak almarhum yaitu atas nama Muhardis.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta yang pada Rabu 09 Oktober 2019 meninjau pelaksanaan bedah rumah itu bersama Komandan Kodim 0310 SS, Letkol. Inf. Dwi Putranto, menyampaikan terimakasih kepada pihak Dandim beserta CV. BMK atas bantuannya untuk rehab rumah veteran tersebut.

previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

“Pemko sendiri tentu juga ada program bedah rumah ini. Namun memang ada juga keterbatasan, sehingga tahun ini baru 250 unit yang direhab. Sehingga dengan bantuan dari Kodim dan BMK ini, sangat membantu sekali,” kata Wako Deri Asta.

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0310/SS, Letkol.Inf. Dwi Putranto mengatakan, kegiatan bedah rumah ini dalam momentum peringatan HUT TNI ke 74, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada pejuang kemerdekaan Indonesia.

“Rehab ini dilakukan dengan swadaya, tanpa adanya pagu anggaran yang normatif, salah satunya juga dibantu oleh perusahaan tambang CV. BMK melalui dana CSR,” ujar Dwi Putranto.

Lebih jauh diungkapkan Dandim 0310/SS, sudah menjadi kewajiban bersama, baik TNI dan masyarakat untuk membantu veteran dan keluarganya, terlebih bagi mereka yang berpenghidupan belum beruntung, termasuk melakukan rehab atas rumah yang yang tidak layak huni, menjadi layak huni bagi beteran dan keluarganya.

“Semestinya veteran dan keluarganya bisa menikmati hidup yang layak temasuk hunian atau rumah yang layak. Kita berharap bisa selesai jelang 28 Oktober nanti,” kata Dwi Putranto.

Anak almarhum Ludin, Muhardis merasa sangat terharu dan mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0310/SS dan seluruh masyarakat dan unsur yang terlibat dalam rehab rumah ini.

“Kami sebagai anak almarhum, tidak menyangka akan dibantu dalam rehab rumah ini. Kami atas nama ahli waris mengucapkan terimakasih yang sebesar sebesarnya,” ucap Muhardis. (Humas)




ARTIKEL LAIN