Kepedulian masyarakat di Kota Sawahlunto terhadap umat Islam di Palestina ternyata begitu tinggi, ini ditunjukkan dalam pengumpulan dana bantuan untuk membangun Masjid Istiqlal Palestina, dari Sawahlunto terkumpul sebanyak Rp 445 juta. Selain sumbangan dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di ‘Kota Warisan Dunia’ itu dan dari para jamaah masjid/mushalla, sumbangan dari masyarakat juga terkumpul sampai Rp 63 juta saat pengumpulan sumbangan di momen konser amal Nissa Sabyan yang langsung disambung dengan Tabligh Akbar oleh Ustadz Riza Muhammad.

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Konser amal dan tabligh akbar ini memang merupakan kerjasama dan apresiasi dari Yayasan Amal Mulia yang mengumpulkan dana sumbangan untuk pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina untuk masyarakat Sawahlunto yang ikut berkontribusi dalam ‘tabungan akhirat’ sehingga memberikan sumbangan sampai lebih dari Rp 400 juta. Sekaligus dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sawahlunto ke – 131 Tahun, konser amal dan tabligh akbar ini diselenggarakan pada Minggu, 08 Desember 2019 di Lapangan Ombilin.

Kepala Bagian Kesra Setdako Sawahlunto, Zardinal Basyir yang mengkoordinasikan pengumpulan sumbangan ini melaporkan bahwa untuk pada momen konser ama dan tabligh akbar, sumbangan dari para penonton terkumpul lebih dari Rp 63 juta. Tak hanya itu, juga ditambah gelang 20 emas dari salah seorang dermawan di ‘Kota Arang’, kemudian juga saat Nissa Sabyan melelang salah satu outwear (pakaian) miliknya yang uang penjualannya untuk disumbangkan ke Palestina, outwear tersebut dibeli Rp 15 juta.

“Jadi untuk sumbangan yang kami himpun dari kantor – kantor Dinas/instansi, kemudian di masjid/mushalla, itu sampai Sabtu 07 Desember total tercatat Rp 382,4 juta. Ditambah dengan yang masyarakat sumbangkan saat konser amal ini jadinya lebih dari Rp 400 juta,” kata Zardinal Basyir, Minggu 08 Desember 2019.

Dana sumbangan tersebut itulah yang diserahkan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta kepada pengurus Yayasan Amal Mulia untuk Palestina ini, di sela – sela konser amal dan tabgligh akbar tersebut, Minggu 08 Desember 2019.

Walikota Deri Asta mengucapkan terimakasih pada segenap masyarakat Sawahlunto yang menyumbang untuk pembangunan Masjid Istiqlal di Palestina ini. Sumbangan tersebut, disebutkan Deri akan menjadi amal ibadah yang tak terhingga dan juga secara tidak langsung berefek memberikan pengaruh positif pada diri dan lingkungan.

“Ini menunjukkan, bahwa meski terpisah jarak, kepedulian masyarakat kita pada saudara – saudara di Palestina ternyata sangat tinggi. Hanya kuasa Allah yang akan membalas amal ibadah sumbangan bapak dan ibu semuanya,” kata Deri.

Ditambahkan Deri, tingginya rasa berbagi seperti ini hendaknya juga dapat dipraktekkan untuk membantu orang – orang di lingkungan terdekat. Misalnya jika ada tetangga yang sedang kesulitan, maka kita bisa saling berbagi.

“Kepedulian sosial, nilai inilah yang kita lihat di sini dan sangat bagus sekali kita tingkatkan, kita realisasikan juga dalam membantu lingkungan terdekat, lingkungan sehari – hari,” ujar Walikota muda nan ramah senyum itu.

Konser amal Nissa Sabyan dan tabligh akbar dengan Ustadz Riza Muhammad itu dibanjiri ribuan penonton. Pantauan Humas, tak hanya dari dalam Kota Sawahlunto saja, banyak penonton juga datang dari Kota/Kabupaten lainnya di Sumbar.

Puluhan bus dengan penumpang para anggota Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) se – Sumbar parkir memenuhi ruas jalan di kawasan Kampung Teleng, karena di ruas Lapangan Ombilin sudah tidak muat untuk parkir.

Pun di ranah media sosial, terpantau konser Nissa Sabyan ini sekitar seharian memenuhi linimasa Facebook dan Instagram netizen Sawahlunto dan Sumbar.

Untuk efek ekonomi, ada puluhan pedagang yang terlihat memanfaatkan peluang keramaian massa tersebut. Selain pedagang lokal dari Sawahlunto, pedagang dari luar kota pun juga terpantau banyak. (Humas)




ARTIKEL LAIN