[smartslider3 slider=”259″]
SAWAHLUNTO – Tim penilai lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diketuai langsung oleh Ketua TP – PKK Provinsi Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi melakukan penilaian lapangan ke Desa Balai Batu Sandaran, Kecamatan Barangin, pada Senin 24 Mei 2021 tadi. TP -PKK Desa Balai Batu Sandaran mewakili Kota Sawahlunto dalam lomba Gerakan PKK tingkat Provinsi Sumbar.
Ketua TP – PKK Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi bersama jajarannya melaksanakan penilaian dan verifikasi lapangan di Desa Balai Batu Sandaran dengan didampingi oleh Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, dan Wakil Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny. Neldaswenti Zohirin.
“Kita melakukan verifikasi lapangan untuk pencocokan data dan melihat langsung seperti apa penerapan nilai – nilai PKK di Desa Balai Batu Sandaran ini,” kata Ny. Harneli Bahar.
Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyampaikan, Desa Balai Batu Sandaran selain memiliki kader – kader PKK yang rajin dan solid, juga memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Tak hanya itu, ketenangan dan ketentraman juga terjamin di desa tersebut yang dibuktikan dengan nihilnya kasus kriminal.
“Perlu kita informasikan, bahwa Desa Balai Batu Sandaran ini merupakan Desa Tageh yang menjadi juara 2 tingkat Sumbar dalam lomba Desa Tangguh yang diselenggarakan Polri. Di Desa ini nihil kasus kriminal, kemudian juga nihil kasus warga yang terkena Covid – 19,” kata Wakil Walikota Zohirin Sayuti.
Hal senada disampaikan Wakil Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny. Neldaswenti Zohirin, yang menyebutkan bahwa keberhasilan nihilnya kasus kriminal dan Covid – 19 di Desa Balai Batu Sandaran tidak terlepas dari peran ibu – ibu para kader PKK.
“Ibu – ibu kita di sini para kader PKK itu mitra strategis Pemko dan Pemdes. Berbagai kesuksesan program Pemko dan Pemdes di sini di belakangnya ada dorongan dan dukungan dari para kader PKK,” ujar Ny. Neldaswenti.
Kepala Desa Balai Batu Sandaran, Nusyirwan, mengatakan bahwa berbagai pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) di Desa Balai Batu Sandaran dengan melibatkan kader – kader PKK.
“Seperti halnya pengelolaan serai wangi menjadi minyak dan sejumlah produk turunan lainnya, itu kita berkolaborasi dengan TP – PKK Desa Balai Batu Sandaran. Jadi minyak serai wangi ini dibuat menjadi minyak, sabun dan produk turunan lainnya sehingga meningkatkan nilai ekonomisnya,” tutur Nusyirwan.
Ketua TP – PKK Provinsi Sumbar, Harneli Mahyeldi, melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi terkait, antara lain pabrik penyulingan minyak serai wangi dan galeri produk. Kemudian galeri songket berbahan pewarna alami, sampai bank sampah dan kompos.

You may also like

No Comment

Comments are closed.