Sikalang, Desa yang berada di Kecamatan Talawi ini mayoritas para laki-lakinya dan kepala keluarganya bekerja di perusahaan tambang. mengetahui tingginya resiko kerja yang akan mereka hadapi dengan sendirinya menumbuhkan kesadaran untuk memiliki jaminan. BPJS Cabang Solok selaku badan pengelola jaminan sosial yang mencakupi Kota Sawahlunto melihat kondisi tersebut, sehingganya mereka merangkul Pemerintahan Desa untuk bekerja sama mengajak masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sumaryani, salah satu ibu rumah tangga di Desa Sikalang di sela-sela kegiatan jalan sehat yang diselanggarakan oleh BPJS mengatakan “resiko kerja di tambang itu sangat tinggi. Kadang-kadang bisa saja kita ketiban batu bara. Soalnya suami saya pernah begitu dan itu tidak sekali dua kali.” Ibu tiga anak ini menambahkan “waktu suami belum menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan sangat terasa kerugiannya buat kami sekeluarga. Pernah hampir tiga minggu tidak masuk kerja sehingga mempengaruhi ekonomi keluarga.”

Di kesempatan yang sama Kepala Desa Sikalang Edi Narwin Daulay menyatakan “sekitar 40% penduduk Sikalang telah terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan dan ini merupakan suatu prestasi. Angka 40% ini lah yang membuat BPJS Cabang Solok 1 tahun yang lalu mengajukan Desa Sikalang mewakili Sumatera Barat sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ke tingkat nasional.”

Hal tersebut di atas benarkan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok yang pada kegiatan tersebut diwakili oleh Kabid Kepesertaan, Faisal Marianas “penjaringan daerah-daerah yang memenuhi kriteria dimulai dari tahun 2017. Dari total 695 desa yang ada, Sikalang sangat memenuhi kriteria untu mewakili Sumatera Barat yang penilaiannya diumumkan pada bulan September 2019 ini serta ditambah lagi komitmen Pemerintahan Desa Sikalang yang sangat tinggi dalam mewujudkan jaminan sosial untuk para pekerja.”

Kegiatan jalan sehat yang dihadiri dan dibuka oleh Walikota Sawahlunto dalam sambutannya mengatakan “para pekerja yang ada di Kota Sawahlunto ini harus dapat BPJS ketenagakerjaan, baik pekerja tetap maupun pekerja tidak tetap.” Menurut beliau “BPJS ketenagakerjaan merupakan tameng untuk para pekerja terhadap resiko-resiko yang kita tidak tahu datangnya kapan dan dalam bentuk apa. Bagi yang belum terdaftar sebagai peserta, mari kita mendaftar segera demi kebaikan kita dan keluarga.”

Dalam kegiatan tersebut para hadirin dan undangan juga disuguhkan penampilan yang cukup menarik dari grup asal Desa Sikalang yang menjuarai festival dialog bahasa tangsi beberapa waktu yang lalu. *Humas




ARTIKEL LAIN