Kecamatan Barangin Percontohan Sadar Kanker

Berhasil membangun kesadaran masyarakat untuk waspada kanker rahim melalui gerakan IVA test, membawa Kecamatan Barangin menjadi percontohan dan mewakili Sawahlunto pada penilaian tingkat provinsi HKG PKK tahun 2018.

Afnida Zainul Anwar Ketua PKK Kec. Barangin mengungkapkan bahwa jumlah perempuan yang mengikuti IVA test di kecamatan ini dari Januari hingga April 2018 telah mencapai 721 orang.
Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan yaitu sebanyak 708 orang untuk periode ini. Ini artinya kesadaran masyarakat telah sangat baik.

Lebih lanjut Afnida menjelaskan bahwa berbagai inovasi telah dilakukan untuk mengajak masyarakat mengikuti IVA test
diantaranya dengan membentuk Duta Kanker Kecamatan Barangin, sosialisasi di pasar tradisional, melakukan pemeriksaan di desa dan kelurahan, gerakan Topilafer (Tokok Pintu Langsu Periksa Kanker), membagikan Pin dan poster siaga kanker dan berbagai inovasi lainnya.

Memperluas pemeriksaan IVA, pihaknya juga membangun kerjasama dengan berbagai organisasi di wilayah Barangin untuk mengikuti IVA test seperti organisasi Bhayangkari, organisasi Pemerintah dan beberapa perusahaan swasta.

Saat penilaian tingkat Provinsi yang berlangsung di Aula kecamatan Barangin pada selasa (8/5), Duta Kanker Barangin menampilkan senam IVA sebagai salah satu bentuk sosialisasi hidup sehat waspada kanker.(rn/humas)




ARTIKEL LAIN