Setelah diselenggarakan di Desa Talawi Hilir, Gerakan Massal (Germas) Pemangkasan Kakao Selasa (28/11) juga dilakukan di Desa Pasar Kubang, Kecamatan Lembah Segar.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengoptimalisasi kualitas dan kuantitas panen kakao ini dibuka oleh Walikota Ali Yusuf bersama Wakil Walikota Ismed, sementara pemateri terkait kompetensi pemangkasan kakao tersebut datang dari Dinas Pertanian, Holtikultura dan Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar, Gusti Apda.

Selain mendapatkan materi tentang pemangkasan Kakao yang baik dan benar, para peserta yang merupakan masyarakat dengan tanaman kakao mencapai 50 batang tersebut juga dibekali 1 set gunting pangkas dan pupuk sebanyak 15 Kg/orang.
Pemateri pemangkasan Kakao tersebut, Gusti Apda memaparkan bahwa pemangkasan pada Kakao ini wajib dilakukan untuk mencegah Kakao terjangkit hama dan gangguan lainnya.

Menanggapi hal itu, Walikota Ali Yusuf mengajak para petani Kakao untuk lebih giat lagi melakukan pemangkasan. “Saya ajak bapak-ibu petani, minimal sediakan waktu setengah jam setiap harinya untuk pemangkasan kakao ini. Karena dengan cara inilah tujuan panen yang maksimal dapat kita capai”, ajak Walikota yang juga petani dan peternak itu.

Sementara, Kepala Desa Pasar Kubang, Marwan menyampaikan bahwa masyarakatnya sangat berterimakasih dengan diadakannya sosialisasi dan pemberian perlengkapan pangkas serta pupuk tersebut.




ARTIKEL LAIN