previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

SAWAHLUNTO – Walikota Deri Asta mendorong agar durian Kubang bisa ditingkatkan kualitas dan kuantitas pemasarannya, antara lain dengan strategi branding dan inovasi ragam produk. Menurut Deri, sangat disayangkan jika durian Kubang yang sebenarnya punya potensi namun belum memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat setempat.

Sebelum merancang strategi pemasaran, Walikota Deri Asta menyampaikan bahwa sejak awal yang terlebih dahulu harus dijaga adalah kualitas dari buah durian tersebut. Untuk itu, diperlukan teknik dan sistem pengolahan yang baik dan benar untuk merawat tanaman durian ini.

Hal itu disebutkan Walikota Deri Asta ketika menghadiri undangan jamuan makan durian dari warga Dusun Luak Manih, Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar pada Kamis malam 06 Februari 2020 di Surau Luak Manih.

“Potensi buah durian Kubang ini besar sekali, namun sekarang belum terkelola maksimal sampai ke pemasarannya juga masih biasa – biasa saja. Tentu kita ingin potensi ini bisa dikembangkan lebih optimal, makanya harus ada cara baru strategi baru untuk itu,” kata Walikota Deri Asta.

Mendorong itu, Deri Asta mengarahkan agar masyarakat bersama Pemerintah Desa (Pemdes) bisa memulai penelitian maupun merumuskan strategi pemasaran seperti apa yang bisa dipakai. Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas terkait, dikatakan Deri Asta juga siap membantu.

“Silahkan nanti dikoordinasikan dengan Dinas terkait, bagaimana teknis yang akan dikerjakan nanti,” kata Walikota.

Ditambahkan Deri Asta, baru – baru ini dirinya juga mendengar dari Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang, Edrizon Effendi bahwa akan digelar iven Festival Durian. Adanya acara Festival Durian tersebut, dikatakan Walikota akan sangat membantu dalam mempromosikan dan membranding durian Kubang ini.

Masih dalam momen jamuan makan durian itu, Walikota Deri Asta juga mendengarkan aspirasi dari masyarakat setempat dalam suasana dialog yang hangat. Sebelum sesi tanya jawab, Deri Asta terlebih dahulu menyampaikan ekspose kinerja Pemko yang telah dipimpinnya selama setahun lebih ini.

Kepala Desa Kubang Tangah, Rice mengatakan bahwa dirinya bersama warga sangat senang Walikota Deri Asta bersedia datang memenuhi undangan jamuan makan durian itu. Sebab dalam jamuan makan durian itu, masyarakat juga memperoleh kesempatan untuk berbincang – bincang dengan Walikota.

“Ini wujud syukur kita juga atas rezeki berupa musim durian di Kubang ini. Dengan mengundang pak Walikota, juga meningkatkan silahturahim pemimpin dengan masyarakat. Tadi Alhamdulillah juga banyak aspirasi warga yang bisa disampaikan langsung pada pak Walikota,” ujar Rice. (Humas)

Please follow and like us:




ARTIKEL LAIN