previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Ikut ‘manyabik’ bersama para petani di sawah menjadi salah satu cara Walikota Deri Asta untuk menjemput aspirasi para petani tersebut. Dengan mengunjungi langsung para petani di sawah ini, tak hanya mendengar laporan dari petani, Walikota Deri Asta juga bisa meninjau langsung kondisi yang dilaporkan mereka itu.

Seperti kemaren, Minggu 09 Maret 2020 Walikota Deri Asta mengunjungi petani di sawah hamparan, Dusun Sago Desa Talawi Mudik Kecamatan Talawi. Kunjungan Walikota itu disambut antusias belasan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Hamparan Datar itu.

Berbagai laporan dan aspirasi pun bak beruntun disampaikan para petani tersebut. Tak hanya urusan pertanian, beberapa juga bertanya dan memberikan saran terkait urusan pemerintahan.

Perbincangan semakin akrab dan hangat saat momen makan bersama saat istirahat ‘manyabik’ itu. Selesai menikmati gulai ikan dan gulai jengkol, percakapan makin berwarna dengan diselingi canda tawa.

Salah seorang anggota Kelompok Tani Hamparan Datar, Afrisal menyebut bahwa dirinya bersama teman – temannya sangat senang dan bangga Walikota Deri Asta bersedia mengunjungi mereka langsung ke tengah sawah. Dengan kunjungan itu kata Afrisal, Walikota bisa mendapat informasi lebih lengkap daripada sekedar menerima laporan di kantor saja.

“Kunjungan inilah yang membuat harapan kami berbincang – bincang dengan pak Wali terwujudkan. Di tengah sawah ini juga banyak yang teringat oleh kami untuk disampaikan, lancar juga mengatakannya, tapi kalau bertemu dengan pak Wali di kantor atau di rumah maka kami rasanya tidak akan selancar dan seakrab ini mengobrol dengan beliau,” kata Au, begitu Afrisal biasa dipanggil.

Mengunjungi masyarakat langsung di tempat aktifitas mereka itu memang sedang digiatkan oleh Walikota Deri Asta belakangan ini.

“Kita ingin langsung ke tengah – tengah masyarakat, saya mengekspose kinerja dan program Pemerintah Kota (Pemkot) kemudian masyarakat menyampaikan aspirasi, ada yang bertanya ada yang menyampaikan usulannya. Ini menciptakan komunikasi dua arah sehingga sinergi Pemko – masyarakat dapat lebih baik,” ujar Walikota Deri Asta.

Sektor pertanian, memang termasuk dalam program unggulan terjemahan dari visi – misi Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto. Sejumlah program andalan Pemko di bidang pertanian ini antara lain ; pemberian bantuan bibit tanaman dan hewan ternak untuk masyarakat dan kelompok tani.

Sebelumnya pada minggu lalu, Walikota Deri Asta juga mengunjungi Kelompok Tani Harapan Bersama di Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin. (Humas)




ARTIKEL LAIN