previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider
SAWAHLUNTO – Dasawisma Anggrek RT 02/RW 01 Kelurahan Lubang Panjang Kecamatan Barangin tidak lagi sekedar kelompok Dasawisma yang mengurus taman – taman bunga, kini Dasawisma Anggrek memunculkan inovasi yang hebat dan produktif, yakni membuat sabun. Telah berhasil membuat sabun deterjen cair, sebentar lagi ibu – ibu di Dasawisma Anggrek tersebut akan segera membuat sabun cuci tangan, sabun cuci piring sampai sabun mandi.
Dalam laporannya pada Walikota Sawahlunto Deri Asta, pada Kamis 07 Januari 2021 kemaren di Balaikota, Ketua Dasawisma Anggrek Desrianti menyampaikan bahwa untuk sabun deterjen cair, telah dibeli dan digunakan oleh konsumen sebanyak 30 botol.
“Alhamdulillah, sekian puluh botol yang telah dibeli itu, tidak ada satu pun konsumen kita yang mengeluh soal produk kita,” ujar Ucik, panggilan akrab Desrianti.
Desrianti menuturkan, Dasawisma Anggrek mampu membuat sabun ini berkat kolaborasi dengan Wahana Muda Indonesia (WMI) Solok Raya. WMI ini, merupakan organisasi non – pemerintah (Non Government Organization/NGO) yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan lingkungan.
“Kami dilatih dan didampingi oleh WMI ini. Ada 20 orang anggota Dasawisma Anggrek. Semua ini secara bergantian memperoleh pelatihan dan pembinaan membuat sabun tersebut,” kata Desrianti.
Usai menerima dan mendengar laporan dari Dasawisma Anggrek tersebut, Walikota Deri Asta mengapresiasi dan berterimakasih pada kelompok ibu – ibu hebat dan produktif ini. Menurut Walikota Deri Asta, apa yang dilakukan Dasawisma Anggrek dengan memproduksi sabun merupakan langkah nyata dari kelompok masyarakat dalam mendukung visi – misi Pemko Sawahlunto yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
“Kita arahkan untuk segera bersinergi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) agar bisa dibantu dan difasilitasi bagaimana peningkatan mutu produk, kemasan (packaging) sampai pada pemasaran nantinya. Kita pesankan juga pada jajaran di Perindagkop serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya untuk dapat membantu dan mendukung kelompok masyarakat yang memunculkan ekonomi produktif berbasis industri rumahan seperti dari Dasawisma Anggrek ini,” ujar Walikota Deri Asta.
Melalui sinergi dengan Perindagkop, Walikota juga mengingatkan Dasawisma Anggrek agar segera mengurus perizinan dan persyaratan administrasi lainnya dalam memasarkan sebuah produk sehingga nantinya produk yang dihasilkan bisa dipasarkan secara profesional.
“Untuk semua warga Kota Sawahlunto, saya mengajak untuk bersama – sama membeli dan menggunakan produk sabun yang dibuat Dasawisma Anggrek ini. Mari kita budayakan membeli produk lokal, sehingga kita turut berpartisipasi menumbuhkan ekonomi saudara – saudara kita di Kota Sawahlunto tercinta ini,” sebut Walikota Deri Asta.
Turut bersama Dasawisma Anggrek dalam silahturrahim dan ekspose pada Walikota itu yakni Lurah Lubang Panjang Rabain dan pengurus WMI Solok Raya Irwan.




ARTIKEL LAIN

No Comment

Comments are closed.