Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2017

Hari ini lebih dari 500 pemuda utusan 34 Provinsi dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia berkumpul di Kampung halaman Pahlawan Nasional Mohammad Yamin Sawahlunto guna menggelorakan kembali tekad menjaga persatuan bangsa dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2017.

Imam Nahrowi Mentri Pemuda dan Olahraga RI yang hadir di Camping Ground Kandi pada kamis (16/11) mengungkapkan bahwa ia sengaja mengabulkan proposal Walikota Sawahlunto untuk menjadikan kota ini sebagai tuan rumah JPI 2017 mengingat kota ini adalah kota bersejarah.

“Disini tempat lahir dan tempat dikebumikannya seorang tokoh nasional yang berhasil membuat pemuda bersumpah untuk bersatu berjuang sebagai satu bangsa” ujar Menpora dalam pidatonya.

” Kita adalah Moh.Yamin zaman ini, semangat persatuan di kalangan pemuda harus kembali digelorakan, karena orang-orang yang ingin mencabik-cabik Bhineka Tunggal Ika ada di depan mata” lanjutnya bergelora.

Menapaki sejarah, Jauh sebelum bangsa ini merdeka, Pemuda berjuang hanya untuk daerah dan sukunya masing-masing. Moh.Yamin adalah salah satu tokoh yang gigih mengobarkan gagasan untuk bersatu dan mengagas Konferensi Pemuda tahun 1928, hingga akhirnya pemuda pemudi dari berbagai daerah bersumpah untuk menyatukan arah perjuangan, tidak hanya memerdekakan daerah masing-masing, tetapi merdeka sebagai satu bangsa, satu tanah air Indonesia.




ARTIKEL LAIN