Jawaban Atas Kekurangan Guru SD

Menjawab pertanyaan fraksi-fraksi di Gedung DPRD Kota Sawahlunto pada Jum’at (13/10) terkait masalah kekurangan guru kelas Sekolah Dasar, Ismed Wakil Walikota Sawahlunto menjelaskan bahwa pihaknya telah mengusahakan pemerataan guru dengan melakukan pengangkatan guru kontrak melalui SK Walikota sebanyak 20 orang dan dengan SK Kepala Dinas yang di bayarkan dengan dana BOS sebanyak 2 orang.

Dari data yang ada guru kelas SD PNS berjumlah 341 orang, sedangkan yang dibutuhkan sebanyak 363 orang.

Sementara itu untuk meningkatkan akses pendidikan di daerah terpencil dan mengurangi angka putus sekolah, Pemko telah menjadikan SD Dusun Guguk Bungo Desa Lumindai menjadi SD Negeri yang berdiri sendiri dan memiliki kelengkapan jumlah kelas dan guru yang memadai.

Sebelumnya SD Guguak Bungo hanya berstatus lokal jauh dari SDN Lumindai dan hanya melaksanakan proses pendidikan dengan tingkatan kelas terbatas. Sejak tiga tahun terakhir SDN 29 Guguak Bungo telah menjadi SD yang melayani pendidikan masyarakat desa terpencil hingga tingkatan kelas 6 SD dan saat ini Pemerintah telah mengupayakan berbagai kelengkapan sarana prasarana serta sertifikasi bagi peningkatan kualias pendidikan di SD tersebut. (humas)




ARTIKEL LAIN