FB_IMG_1612005178323
FB_IMG_1612005176152
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
SAWAHLUNTO – Awal tahun 2021, sektor pariwisata Kota Sawahlunto memperoleh ‘kado’ berupa prestasi sebagai juara 1 ‘Peduli Wisata Award’ dalam kategori The Best Achievement. Ajang ‘Peduli Wisata Award’ ini merupakan program dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat untuk menilai dan mengapresiasi perhatian dan komitmen kepala daerah beserta pemerintah daerah dalam mengelola pariwisata di tempatnya masing – masing.
Tropi beserta piagam penghargaan juara 1 ‘Peduli Wisata Award’ itu sudah diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beberapa Minggu yang lalu di Padang. Rabu 06 Januari 2021 tadi, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto Nova Erizon, memberikan tropi dan piagam tersebut kepada Walikota Deri Asta di Balaikota.
Walikota Deri Asta menyampaikan, penghargaan ini menjadi penyemangat serta penanda bahwa pengelolaan wisata di ‘Kota Warisan Budaya Dunia versi UNESCO’ itu tetap berada di jalur yang baik dan benar.
“Di tengah situasi dan kondisi pandemi sekarang ini yang sangat berdampak pada terbatasnya program dan menurunnya tingkat kunjungan wisata, datangnya penghargaan ini menjadi pemacu semangat kita untuk kembali bergerak mengelola wisata Sawahlunto yang lebih baik lagi,” sebut Walikota Deri Asta, yang saat menerima tropi dan piagam itu didampingi oleh Wakil Walikota Zohirin Sayuti bersama Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri.
Ditambahkan Walikota Deri Asta, mewakili Pemko Sawahlunto dirinya mengucapkan terimakasih pada semua insan pariwisata Sawahlunto yang telah berkontribusi dalam mengantarkan kota itu meraih ‘Peduli Wisata Award’ tersebut.
“Penghargaan ini kami persembahkan untuk semua masyarakat Kota Sawahlunto, dan juga kepada para pengunjung dan penikmat pariwisata Sawahlunto,” ujar Walikota Deri Asta.
Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto Nova Erizon, melaporkan tahapan penilaian ajang Peduli Wisata Award telah dilaksanakan melalui dua metode, yakni ; pemeriksaan bahan laporan dan peninjauan langsung ke lapangan oleh tim verifikasi.
“Ada 2 keunggulan Sawahlunto yang menjadi pertimbangan tim penilai dalam memberikan penghargaan ini, yaitu predikat Kota Warisan Budaya Dunia versi UNESCO’ dan telah terdaftarnya kita sebagai situs wisata Geopark nasional,” kata Nova Erizon.
Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menuturkan, dirinya tidak heran dengan penghargaan – penghargaan yang diraih Sawahlunto dalam bidang pariwisata. Sebab memang pariwisata telah menjadi andalan di kota tua tersebut.




ARTIKEL LAIN

No Comment

Comments are closed.