Tak ingin tersandung UU Pemilu, setiap warga negara hendaknya tahu apa yang tidak boleh dilakukan pemilih selama di TPS pada 17 April 2019.

1. Pemilih mencoblos surat suara dengan paku yang disediakan di TPS, tidak boleh mencoblos surat suara dengan benda-benda lain, seperti pulpen, hingga rokok.

Pemilih juga tidak boleh mencoret-coret atau merobek surat suara, hal ini dapat menyebabkan surat suara menjadi tidak sah.

Jangan lupa periksa dulu kondisi surat suara apakah surat suara dalam kondisi baik atau telah tercoblos.

2. Pemilih juga tidak boleh membawa alat komunikasi atau kamera ke dalam bilik suara. Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2019 pasal 38 tentang Pemungutan dan Penghitungan suara.

Jadi titipkan dahulu HP mu ke petugas KPPS, setelah selesai minta kembali.

3. Pemilih juga dilarang untuk mendokumentasikan kegiatan mencoblos atau hasil coblosan surat suara. Dokumentasi ini baik dalam bentuk foto maupun video.Hal ini tercantum dalam PKPU 3 pasal 42.

4. Aturan Pemilu juga melarang masyarakat mempengaruhi pilihan orang lain di TPS.
Bahkan seluruh pihak yang menjanjikan atau memberikan uang dan materi kepada pemilih saat hari pencoblosan baik untuk memilih paslon tertentu ataupun agar pemilih tidak menggunakan hak suaranya, diancam pidana penjara dan denda.

Larangan ini terdapat dalam Undang-undang 7 tahun 2017 pasal 515 tentang Pemilu.

5. Pemilih dan peserta Pemilu dilarang untuk memakai atribut partai peserta pemilu.

Berdasarkan Undang-undang Pemilu Pasal 280 mengenai Kampanye, tidak ada larangan masyarakat untuk menggunakan pakaian berwarna apapun ke TPS. Yang dilarang itu jangan sampai ke TPS membawa atau memakai atribut, baju atau kaos yang bergambar partai,atau gambar calon presiden atau peserta Pemilu lainnya.

6. Pemilih juga dihimbau untuk tidak mempublikasikan pilihan politiknya di media sosial. Hal itu dinilai dapat mencederai asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Sesuai dalam Pasal 2 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Jika ditemukan adanya pelanggaran, Ketua Bawaslu Kota Sawahlunto mengatakan pengawas TPS akan langsung menindak tegas pemilih itu. Mereka dapat dijerat dengan pelanggaran pemilu.




ARTIKEL LAIN