Peningkatan kualitas jaringan internet di Sawahlunto kini diwujudkan Pemerintah Kota (Pemko) melalui kerjasama dengan PT. Indonesia Comnets Plus (Icon+) untuk menyediakan layanan internet di instansi pemerintahan (kantor dan sekolah) serta titik hotspot/Wi – Fi gratis di sejumlah kawasan publik dan destinasi wisata.

Kerjasama untuk peningkatan kapasitas Teknologi Informasi (TI) di ‘Kota Arang’ itu diresmikan dan ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Kamis, 10 Oktober 2019 di GPK. Walikota Deri Asta menandatangani perjanjian kerjasama itu bersama General Manager PT. Indonesia Comnets Plus SBU Pekanbaru, Widi Kristiawan.

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Dikatakan Wako Deri Asta, penyediaan layanan jaringan internet tersebut juga masuk dalam misi Kepala Daerah Kota Sawahlunto, yaitu program unggulan ke – 9, terkait peningkatan kualitas teknologi informasi komunikasi dalam membentuk smart city.

“Kita berpesan juga kepada masyarakat, UMKM maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) agar saat layanan jaringan internet ini berfungsi, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan efisiensi kinerja. Internet ini sejatinya kita pasang untuk membantu, baik itu membantu kinerja di pemerintahan dalam melayani masyarakat, membantu produktifitas bagi pelaku UMKM, dan lainnya. Maka jangan sampai jika tidak bijak menggunakan, internet ini malah jadi penganggu dalam kehidupan kita bersama,” pesan Deri.

Usai penandatangan kerjasama, Walikota Deri Asta dan GM PT. Icon+ SBU Pekanbaru Widi Kristiawan meninjau salah satu spot Wi – Fi gratis yakni di Rumah Kreatif BUMN, depan Lapangan Segitiga.

Disebutkan Widi Kristiawan, sesuai perjanjian kerjasama, pihaknya menyediakan layanan internet tersebut sejak pemasangan, instalasi sampai pada purna – instalasi. Namun untuk segala kendala dan segala macam temuan di lapangan lainnya, tetap dengan koordinasi terlebih dahulu dengan Pemko Sawahlunto.

“Kami menyediakan layanan service yang stand by untuk menangani jika ada trouble. Jadi silahkan lapor ke bagian yang menangani hal ini di Pemko, nanti akan diteruskan pada kami dan akan segera ditindaklanjuti,” kata Widi.

Untuk 10 spot Wi – Fi gratis yang disediakan Pemko dalam kerjasama dengan ICON+ ini, dikatakan oleh Kepala Bagian Kominfo, Persandian dan Humas Setdako Sawahlunto, Dodi Febrizal, saat ini disediakan di area publik seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan kawasan destinasi wisata.

“Untuk di area publik, itu ada di simpang Muaro Kalaban, Pasar Sawahlunto, GPK, Lapangan Segitiga, Simpang Tugu Talawi. Sementara di destinasi wisata yang telah dipasang jaringan internetnya adalah Puncak Cemara, Museum Kereta Api, Kandih, Camping Ground, Makam Prof. Moh. Yamin,”. Ini menambah jumlah wifi gratis bagi masyarakat Kota Sawahlunto yang sebelumnya sudah ada di 10 lokasi lainnya, kata Dodi Febrizal. (Humas)

Please follow and like us:
error




ARTIKEL LAIN