Untuk melihat dari dekat situs penambangan bawah tanah tambang batubara Ombilin yang sudah berusia satu abad lebih, pada kamis (1/8) siang, 12 mahasiswa dari 12 negara di dunia yang mendapatkan program bea siswa bidang seni dan budaya dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negri RI menginjakan kaki di Sawahlunto.

Wako Deri Asta menyambut baik kedatangan 12 mahasiswa luar negeri ini. Ia berpesan untuk membantu mempromosikan pariwisata Sawahlunto kepada rekan mereka di negerinya.

Reneta Nikolova salah satu mahasiswa asal Bulgaria yang terampil menari piring ini mengatakan ia tertarik dengan seni tari dan musik tradisional Minangkabau, ia senang bisa mengeksplor berbagai daerah di ranah Minang ini.

Program bea siswa yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada mahasiswa luar negeri ini bertujuan untuk promosi seni dan kebudayaan Indonesia dinegara mereka masing-masing.

Selama di Sumatera Barat mereka belajar tari dan kebudayaan minang di Sanggar Sofiani Padang dan menyempatkan diri mengunjungi berbagai tempat menarik di Sumbar, salah satunya Sawahlunto. (humas)

 




ARTIKEL LAIN