Sebanyak 50 orang calon tenaga kerja di Kota Sawahlunto mengikuti seleksi untuk bisa bekerja di perusahaan elektronik di Batam.

Seleksi penerimaan tenaga kerja itu di laksanakan di gedung SDN 13 pada rabu 20/2.

Sebelum dikontrak, calon tenaga kerja tersebut harus mengikuti serangkaian tahapan seleksi terlebih dahulu, sebagaimana dianjurkan oleh pihak perusahaan penyalur tenaga kerja.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Kota Sawahlunto Dwi Dharmawati menjelaskan rekrutmen tenaga kerja ini merupakan kerjasama Pemko Sawahlunto dengan perusahaan penyalur tenaga kerja PT. Universal Karya Mandiri Batam.

Pihak perusahaan akan menyalurkan mereka yang lulus seleksi ini ke sejumlah perusahaan elektronik di Batam, salah satunya ke PT. Exelitas yaitu perusahaan Amerika yang memproduksi lighting dan memiliki 4 site produksi di dunia, salah satunya di Batam.

Dijelaskannya, seleksi dilaksanakan sehari penuh. Peluang kerja ini untuk putra-putri berusia 18-23 tahun. Proses seleksi, tertulis dan wawancara langsung dikelola oleh jasa penyalur tenaga kerja.

Kerjasama antara Pemda dengan perusahaan-perusahaan di Batam yang dijajaki Walikota pada akhir 2018 lalu, menjadi salah satu terobosan Pemerintahan Deri Asta Zohirin Sayuti mengurangi angka pengangguran di Sawahlunto.

Mereka nantinya akan memperoleh gaji pokok sebesar Rp3,8 juta, ditambah uang lembur dengan hitungan per jam. Cuti per tiga bulan dan pajak penghasilan ditanggung perusahaan.

Tenaga kerja juga mendapatkan sejumlah fasilitas lainnya dari pihak perusahaan, seperti tempat tinggal dan BPJS Ketenagakerjaan.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, tabel dan dalam ruangan




ARTIKEL LAIN