Mewarnai kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke – 74 di Kota Sawahlunto, Dinas Pendidikan ‘Kota Arang’ gelar Lomba Marching Band tingkat SD dan SMP. Sebanyak 13 SD dan 6 SMP se-Sawahluntopun menampilkan kebolehan tim Marching Band mereka di Lapangan Ombilin, Sabtu 24 Agustus 2019.

Wakil Walikota Zohirin Sayuti yang membuka kegiatan tersebut bersama Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Sawahlunto, Ny. Etty Zohirin, menyebutkan Pemerintah Kota (Pemko) mendukung terselenggaranya perlombaan seperti lomba Marching Band tersebut, sebab membawa banyak pengaruh positif pada pelajar.

“Yang jelas, para pelajar kita terbiasa dan jadi punya kemampuan untuk berkompetisi. Ini menjadi praktek langsung bagaimana anak – anak kita dalam menghadapi persaingan. Ke depan akan sangat berguna kemampuan berkompetisi ini, karena kan dalam dunia kerja dan lainnya nanti generasi penerus ini akan menghadapi tingkat persaingan yang cukup tinggi,” ujar Zohirin.

Dilanjutkan mantan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto itu, jelang menghadapi lomba para pelajar tersebut juga belajar manajemen latihan serta bagaimana menjalin kekompakan dengan rekan dalam satu tim.

“Soft skill semacam bagaimana menjaga pola latihan, bagaimana menjaga kekompakan dengan rekan dalam tim. Skil – skill semacam ini percayalah, akan sangat menunjang pelajar kita nantinya, baik di sisi akademis maupun jika sudah memasuki duni kerja dan sosialisasi di masyarakat nantinya,” kata Zohirin.

Senada dengan itu, Ny. Etty Zohirin menyampaikan dengan ajang perlombaan seperti itu, para pelajar tersebut jadi bisa mengetahui bagaimana dengan penampilan dari tim lainnya, sehingga bisa mengambil pelajaran pula dari kelebihan maupun kelemahan tim saingan.

“Semoga dengan perlombaan ini, generasi penerus kita semakin terbuka wawasannya. Mereka melihat bagaimana penampilan tim – tim lain, itu bisa menjadi pelajaran juga bagi mereka. Juga kesempatan ini anak-anak kita bisa bertambah teman dari antar sekolah,” sebut Ny. Etty.

Sementara, pemenang lomba Marching Band ini, untuk tingkat SD yakni ; Juara 1 SD Negeri 03 Lubang Panjang, Juara 2 SD IT Islahul Ummah Tangsi Baru dan Juara 3 SD Negeri 05 Kolok Mudik.

Untuk pemenang tingkat SMP yakni ; Juara 1 SMP Negeri 3 Sawahlunto, Juara 2 SMP Negeri 6 Sawahlunto dan Juara 3 SMP Negeri 2 Sawahlunto.

Para pemenang memperoleh hadiah berupa uang tunai. Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Rafki Rusdian mengatakan bahwa untuk Juara 1 mendapat 5 juta rupiah, Juara 2 mendapat 4 juta rupiah dan Juara 3 mendapat 3 juta rupiah. (Humas)

 




ARTIKEL LAIN