Membuka Jalan Untuk Si Asam Kapeh

Mewujudkan masyarakat produktif, Pemko Sawahlunto mendorong tumbuhnya industri pengolahan jeruk nipis dengan menggelar sosialisasi pengolahan jeruk nipis bersama seorang pengusaha yang sukses membangun usaha minuman jeruk nipis asal Jawa Barat.

Dalam sosialisasi yang digelar di Hall PTBA pada senin (10/7) Ali Yusuf Wako Sawahlunto mengungkapkan bahwa sosialisasi ini untuk membuka jalan dan memotifasi tumbuhnya industri olahan jeruk nipis di tengah masyarakat, dan yang terpenting menjamin kestabilan harga jeruk nipis mentah hasil perkebunan sehingga tidak merugikan petani.

“Sejak 2014 banyak petani yang memilih membudidayakan jeruk nipis, hingga saat ini lahan jeruk nipis sudah lebih dari 50 hektar. Namun fluktuasi harga ternyata sangat merugikan petani, karena harga pernah mencapai dibawah Rp 1000/kg. Bahkan banyak hasil panen yang tidak terjual dan dibiarkan membusuk. Ini menjadi motifasi bagi kami untuk mencarikan jalan keluar” ujar Walikota.

Selain memotifasi masyarakat untuk mengolah jeruk nipis menjadi bahan setengah jadi ataupun bahan jadi, ia juga menyatakan rencana pengalokasian dana untuk pengadaan mesin industri ini. Ali Yusuf juga menawarkan kerjasama kepada Pemerintah Desa yang siap mendukung mengalokasikan dana kerja untuk merealisasikan industri pengolahan jeruk nipis ini.(humas)




ARTIKEL LAIN