previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

SAWAHLUNTO – Membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Talawi, Wakil Walikota Zohirin Sayuti menekankan agar usulan pembangunan yang diajukan benar – benar dapat menyentuh langsung kehidupan masyarakat banyak. Sejalan dengan itu, maka harus berfokus pada kinerja nyata yang memberikan perubahan pada kesejahteraan masyarakat, tidak hanya sekedar kegiatan seremonial saja.

“Tolak ukur keberhasilan pemerintah itu adalah data – data seperti angka usia harapan hidup, angka penurunan kemiskinan, angka lama sekolah, indeks pembangunan manusia, dan lainnya. Bukan berapa banyak acara seremonial. Jadi dipilah – pilah saja, jika rasanya ada kegiatan yang hanya sekedar seremonial saja, tentu tak perlu diprioritaskan,” kata Wawako Zohirin Sayuti, Rabu 05 Februari 2020 di Kantor Camat Talawi.

Terutama, kata Zohirin yang harus menjadi perhatian utama Pemerintah Kota (Pemkot) sampai Pemerintah Desa (Pemdes) adalah pengentasan kemiskinan. Dimana berbagai program, seperti pemberian bantuan modal usaha, hewan ternak dan bibit tanaman menjadi salah satu strategi untuk memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat pra – sejahtera tersebut.

“Selain sekarang kita mewajibkan setiap desa untuk menganggarkan program penanggulangan kemiskinan, kita dari Pemko juga membantu penuh dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Dinas. Jadi setiap dinas sekarang diberikan amanah untuk membantu beberapa desa dalam menurunkan jumlah penduduk miskin,” tutur Wawako Zohirin Sayuti.

Sekaitan dengan Musrenbang, Zohirin juga mengingatkan agar usulan kegiatan pembangunan dapat disesuaikan dengan visi – misi kepala daerah dalam RPJMD.

Musrenbang Kecamatan Talawi ini akan berlangsung sampai besok, Kamis 06 Februari 2020. Selain dari unsur Pemerintahan Desa (Pemdes) se – Kecamatan Talawi, Musrenbang turut diikuti undangan lainnya seperti dari Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca). (Humas)




ARTIKEL LAIN