Menata Pasar Sawahlunto Agar Lebih Nyaman dan Tertib

Menata pasar Sawahlunto agar lebih nyaman dan tertib, Kepala UPTD Pasar Kota Sawahlunto Ahmad Zaini mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan memindahkan sejumlah lokasi dagang seperti los daging, ikan dan sayur yang kini berada di lantai 3.
Los pasar daging akan pindah mulai hari rabu ini (22/11) dari lantai 3 ke bangunan los daging lama yang telah rampung renovasinya.

Setelah semua kelengkapan pasar ikan selesai, baru menyusul pemindahan los ikan dan sayur.
Untuk pemindahan semua pedagang dari lantai 3 ini, pihaknya melakukan pemetaan sehingga tidak ada pedagang yang dirugikan.
Contohnya pasar kain kaki 5 akan dipindahkan ke lokasi yang agak jauh dari los ikan, sehingga dagangan mereka tidak terdampak aroma pasar ikan.
Sementara pasar lantai 3, setelah dikosongkan rencananya akan dimanfaatkan sebagai area parkir dan wahana mainan anak.

Terkait kebersihan saluran drainase pasar yang sempat bermasalah beberapa waktu lalu, Ahmad Zaini mengatakan akan dibuat septik tank komunal. Dengan sistem drainase baru nantinya limbah pasar tidak lagi akan mencemari air sungai.
Ia menghimbau seluruh pedagang untuk menjaga kebersihan, tidak membuang sampah lagi ke saluran drainase.
Karena penyumbatan drainase yang disebabkan sampah dagangan akan merugikan banyak pihak.

Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini sekitar 25 petak los pasar yang sempat disegel beberapa waktu lalu akan kembali diisi oleh pedagang baru yang telah mengajukan permintaan dan melengkapi administrasi.

Dengan penerapan kebijakan penertiban sewa dan penyegelan terhadap toko yang tidak tertib administrasi beberapa waktu lalu, ia menyebutkan hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya realisasi pemasukan Retribusi pasar, tapi juga memberi kesempatan kepada masyrakat yang sunggih-sungguh ingin berusaha.
Di tahun-tahun sebelumnya, realisasi retribusi pasar cukup rendah, hanya mencapai kisaran 36-38%, hal ini disebabkan banyaknya pedagang yang tidak memenuhi kewajiban sewa.
Setelah penertiban ini hingga September 2017 retribusi pasar bisa terealisasi sebesar 53,76%.




ARTIKEL LAIN