Menjawab pandangan Fraksi PPP,NASDEM dan PAN yang sebelumnya mempertanyakan program Gerakan Menabung Rp 1000 sehari yang dicanangkan beberapa waktu lalu. Walikota Ali Yusuf mengatakan bahwa pada prinsipnya gerakan menabung yang ditujukan untuk pembentukan Dana Abadi Komunitas “Sawahlunto Indonesia Sejahtera” ini sifatnya himbauan kepada masyarakat, tidak diwajibkan.

Pada hakekatnya gerakan ini untuk menanamkan rasa gemar menabung kepada ASN, siswa dan masyarakat umumnya dalam rangka melatih diri untuk disiplin dalam pengelolaan keuangan sehingga pada akhirnya dapat mensejahterakan komunitas tersebut.

Lebih lanjut Ali Yusuf menjelaskan bahwa untuk kalangan ASN, kegiatan gemar menabung ini pengelolaannya dikelola oleh struktur organisasi yang jelas yang terdiri dari pengawas, ketua dan bendahara sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Dana tersebut dapat diambil kapan saja oleh anggota komunitas yang bersangkutan sesuai dengan kesepakatan komunitas tersebut.

Dana ini menjadi investasi bagi anggotanya baik untuk biaya pendidikan, modal usaha bahkan untuk jangka panjang bisa digunakan untuk keperluan umroh atau haji. (humas)




ARTIKEL LAIN