Ingin tau lebih jauh tentang sejarah tambang Ombilin yang diusung Indonesia sebagai Warisan Dunia atau memperkaya wawasan mengulik berbagai candi dan peninggalan sejarah, bukti tingginya peradaban masyarakat Nusantara ribuan tahun silam? datanglah ke Sawahlunto.

Pameran terbuka untuk umum yang digelar Balai Penelitian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sawahlunto mulai 4 hingga 9 Juli 2019 ini adalah acara yang menarik untuk dikunjungi untuk memuaskan rasa ingin tahu tentang sejarah dan arkeologi.

Ada berbagai artefak Candi Muara Jambi yang dipamerkan BPCB Jambi, artefak penambangan Ombilin, artefak Seni Gambar Cadas dipamerkan BPCB Sulawesi, artefak Rumah Tongkongan dan pakaian kulit kayu serta berbagai foto dan artefak lainnya yang membantu memahami uniknya peradaban kuno dan sejarah nusantara.

Sangat rugi jika tidak menyaksikan Pameran yang digelar dalam mendukung diselenggarakannya Sidang UNESCO dengan agenda Penetapan Warisan Dunia yang sedang berlangsung saat ini di Baku, Azerbaijan.

Sidang internasional di Azerbaijan ini diikuti langsung oleh Pemerintah Indonesia termasuk Walikota Sawahlunto Deri Asta dan akan disiarkan secara langsung Live Streaming di GPK pada jumat 5 Juli 2019 sekitar pukul 13.00 WIB.

Selain Pameran sejarah juga akan digelar berbagai kegiatan untuk menebar demam warisan dunia seperti Lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-kanak, Lomba kerajinan batubara tingkat SLTA, lomba Sketsa, Lomba Bahasa Tansi, Lomba Jelajah Sejarah, Bioskop Keliling, Pentas Seni dan Live Streaming Sidang Warisan Dunia dari Baku Azerbaijan.(Humas)




ARTIKEL LAIN