Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia mewarnai jalan Lintas Sumatera di Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Senin 19 Agustus 2019. Semarak HUT RI itu menggelora dari 2.600 orang peserta pawai karnaval kemerdekaan, dan dilepas serta disaksikan langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta.

Pawai karnaval kemerdekaan itu menjadi puncak dari sejumlah kegiatan yang digelar Kecamatan Silungkang dalam memeriahkan HUT ke – 74. Kemerdekaan RI. Sebelum pawai, diselenggarakan lomba antara lain ; lomba mewarnai (untuk TK) dan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan tarik tambang (SD – SMP – SMA).

Pawai yang dimulai dari lapangan Bola Cinto Moni hingga Pasar Songket Silungkang itu dilepas oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta, didampingi Camat Silungkang, Asril Hasan dan Kapolsek Muaro Kalaban, Iptu Nurwidi.

“Kita sangat mendukung agenda ini, karena hari kemerdekaan memang patut dirayakan dengan hal hal positif seperti ini,” ujar Walikota Deri Asta.

Dilanjutkannya, dengan berbagai busana yang dipakai oleh peserta Pawai ini tentu akan memberikan setidaknya ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk masyarakat ataupun peserta itu sendiri disamping akan memberikan hiburan pada masyarakat.

“Ini merupakan momen mengenalkan kepada generasi muda bahwa Nusantara kaya dengan berbagai budaya, kali ini kita akan tahu berbagai pakaian dari berbagai daerah dan pakaian kreatifitas masyarakat Silungkang,” kata Deri.

Selain dimeriahkan sekolah – sekolah di lingkungan Kecamatan Silungkang, turut berpartisipasi dalam kegiatan pawai itu yakni 4 Desa di Kecamatan Silungkang. 4 Desa ini adalah ; Desa Muaro Kalaban, Desa Silungkang Oso, Desa Silungkang Duo dan Desa Silungkang Tigo. (Humas)

 

 

 

 

 

 




ARTIKEL LAIN