Kegiatan pelatihan bertenun Songket Silungkang yang diikuti oleh peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) diapresiasi oleh Menpora RI Imam Nahrowi.

Menpora menyaksikan sekitar 20 orang dari 33 peserta JPI yang mengikuti pelatihan sejak 1 November 2017 di Sawahlunto telah berhasil menghasilkan 1 helai kain Songket dari kerja keras sendiri.

Menurutnya ini adalah salah satu nilai plus yang diberikan Sawahlunto untuk pemuda Indonesia.

Debi Ferdinan pemudi 19 tahun asal Sulawesi Selatan mengaku senang mendapat kesempatan langka mengikuti pelatihan ini. “Awalnya kelihatan susah karena prosesnya cukup rumit, tapi akhirnya senang sekali karena saya bisa mengatasi tantangannya dan menyelesaikan 1 helai kain tradisional” ujar Debi.

“Bagi saya Ini kesempatan unik dan langka, sebelumnya di Sulawesi saya tidak kenal dengan tenun tradisional. Tapi di Sawahlunto saya tidak hanya mendapat pelajaran teknik bertenun, tapi juga belajar mencintai tenun sebagai kain dan budaya tradisional nusantara” imbuhnya.

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, SPt dalam acara pembukaan JPI 2017 mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja mengajarkan keterampilan bertenun kepada pemuda se-Indonesia sebagai bekal bagi pemuda untuk siap berdikari dengan berwiraswasta mengembangkan tenun tradisional di daerah masing-masing.

Ali Yusuf juga menyatakan Sawahlunto siap menampung dan membantu pemasaran songket hasil karya pemuda melalui pemasaran online.

Selain bertujuan membekali pemuda untuk berdikari, pelatihan bertenun juga ditujukan untuk menumbuhkan kecintaan pemuda terhadap budaya bangsa. Tenun sebagaimana halnya batik adalah salah satu budaya bangsa yang perlu dihargai dan dikembangkan.

Lebih lanjut Ali Yusuf mengatakan dengan pelatihan ini diharapkan pemuda-pemudi se-Nusantara bisa berinovasi dengan budaya dan yang terpenting menyebarkan kecintaan terhadap kain tradisional sebagai budaya bangsa.

“Dengan pemuda-pemuda yang cinta budaya, maka serangan-serangan Negara asing yang ingin meruntuhkan Indonesia, akan bisa dibendung” ujar Ali Yusuf bergelora.




ARTIKEL LAIN