Kebun Binatang Kandi memperoleh peluang untuk menambah keberagaman hewan dan wahana dari Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. Peluang itu ditawarkan langsung oleh Direktur Kebun Binatang Gembira Loka, Tirtodiprojo, yang berkunjung ke Kebun Binatang Kandi, Selasa 26 Juni 2019 kemaren.

Tirtodiprojo, yang sebelum mengunjungi Kebun Binatang Kandi diundang Wakil Walikota Zohirin Sayuti untuk berdiskusi ramah tamah di Balaikota mengatakan bahwa pihak Gembira Loka bersedia untuk membantu Kebun Binatang Kandi baik itu dalam konsultasi pengelolaan hewan, juga untuk beberapa hewan yang sudah cukup banyak di Gembira Loka maka bisa dipinjamkan untuk Kandi.

“Kebun Binatang Kandi ini bagi saya pribadi punya kedekatan emosional. Sebab pada waktu pendiriannya dulu, bersama mendiang pak Amran Nur (Walikota Sawahlunto periode itu) saya ikut berkontribusi membangun Kandi. Juga sampai sekarang, komunikasi dan sinergi terus terjalin baik dengan pak Wakil Walikota Zohirin, Direktur PT. WWS Afridarman dan konsultan Kebun Binatang Kandi Wisnu Wardana. Sehingga kita pun enak untuk meningkatkan kerjasama, sesuai dengan landasan aturan Perundang-undangan yang berlaku,” kata Joko, panggilan akrab Tirtodiprojo, dalam perbincangan dengan Wawako Zohirin Sayuti, Selasa 26 Juni 2019.

Dalam perbincangan itu, Tirtodiprojo juga mengungkapkan beberapa inovasi yang dilakukan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta dalam mengelola hewan, kandang sampai peningkatan mutu makanan hewan.

“Kita kan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga yang kita butuhkan adalah kolaborasi. Kami membuka lebar pintu untuk bekerja sama dengan Kebun Binatang Kandi,” ujar Joko.

Menanggapi kesediaan pihak Gembira Loka itu, Wakil Walikota Zohirin Sayuti menyampaikan terima kasih dan menyatakan akan mengirim tim Kebun Binatang Kandi untuk melakukan studi banding (peninjauan) ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta.

“Seperti yang diperlihatkan oleh pak Tirtodiprojo tadi, banyak wahana dan atraksi hewan yang ada di Gembira Loka yang berpeluang besar untuk dapat kita lakukan juga di Kandi. Sebab itu kita tindaklanjuti betul kerjasama ini. Dalam waktu dekat, saya instruksikan Direktur PT. Wahana Wisata Sawahlunto (WWS) dan tim pengelola Kebun Binatang Kandi untuk melakukan studi banding sekaligus memperdalam ilmu dan mematangkan kerjasama ke Kebun Binatang Gembira Loka,” sebut Wawako Zohirin Sayuti.

Diajak mengunjungi Kebun Binatang Kandi seusai pertemuan dengan Wawako Zohirin Sayuti, Tirtodiprojo sangat antusias memantau perkembangan Kandih.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur PT. WWS, Afridarman yang mendampingi Tirtodiprojo mengunjungi Kebun Binatang Kandi. Sejumlah saran langsung diberikan oleh Direktur Kebun Binatang Gembira Loka itu untuk inovasi dan pengelolaan Kebun Binatang Kandi yang lebih baik. (Humas)




ARTIKEL LAIN