Pembangunan Karakter Pemimpin di Sekolah

Hari Sabtu ini (18/11) Walikota Sawahlunto Ali Yusuf S.Pt membuka pelatihan kepemimpinan untuk anggota OSIS SMA N 1 Sawahlunto yang diselenggarakan dari tanggal 18 s.d 19 November 2017. Dihadapan 70 orang siswa/i ini Ali Yusuf berharap akan muncul pemimpin-pemimpin yg handal di masa yang akan datang baik untuk Kota Sawahlunto ataupun untuk nasional seperti salah satu tokoh nasional asal Sawahlunto yaitu M. Yamin.

Dalam kesempatan tersebut Ali Yusuf sangat berharap muncul pemuda-pemuda yang mampu menciptakan perubahan-perubahan diberbagai sektor kehidupan. “Kami berharap dengan pelatihan ini, akan muncul generasi pemuda yang memiliki inovasi dan kreatifitas. Kaum munda harus bisa membangun kota ini dengan segala keterbatasan yang ada. Karna, majunya suatu negri itu terletak ditangan kaum muda”.

Ali Yusuf juga mengingatkan kepada para peserta pelatihan untuk tidak berbuat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum, khususnya untuk menjauhi narkoba. “Narkoba adalah musuh bersama. Jangan sekali-kali mendekati dan menyalahgunakan narkoba. Generasi akan hancur oleh narkoba. Sudah banyak contoh pemimpin-pemimpin yang terjebak narkoba. Narkoba tidak hanya membahayakan si pemakai, tapi juga membahayakan orang lain. Bagaimana masyarakat bisa mempercayakan kepemimpinan kepada kita apabila memimpin diri kita untuk menghidari bahaya narkoba saja tidak bisa”.

Kemudian, dalam acara yang dihadiri oleh staf guru dan komite sekolah ini Ali Yusuf meminta para siswa/i untuk tidak mudah percaya kepada berita-berita hoax. “Hoax sama halnya dengan fitnah, dan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Sebagai kaum terpelajar, anda semua harus punya kemampuan untuk menyaring berita mana yang harus dipercaya. Dengan geliat media sosial yang sangat cepat ini, tidak semua berita itu mengandung kebenaran, maka pelajari dan teliti dulu berita tersebut. Jangan asal direpost atau dibagikan ke publik”.




ARTIKEL LAIN