previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Sajonang sedang menggarap Gua Janjian di Desa Talago Gunuang sebagai kawasan wisata edukasi geologi. Mendukung itu, baru – baru ini tim peneliti geologi dari Fakultas Pertambangan Universitas Negeri Padang (UNP) telah datang melakukan penelitian dan pemetaan morfometri di Gua Janjian tersebut.
Gua Janjian memang memiliki kandungan air dan keberagaman fauna. Hal itu diakui oleh Dosen UNP yang melakukan penelitian ke Gua itu yakni Harizona Aulia Rahman dan Riko Maiyudi.
Dikatakan Harizona, seperti diceritakan kembali oleh Ketua Pokdarwis Lembah Sajonang Robert Petra, bahwa selain keberagaman fauna Gua Janjian juga memiliki bekas – bekas bukti kehidupan manusia pra sejarah di masa lampau.
“Jadi, pengunjung yang datang bisa kita berikan informasi mengenai informasi – informasi geologis dalam Gua Janjian ini. Sekaligus juga kita mengedukasi pengunjung terkait konservasi lingkungan ini,” sebut Robert Petra, yang datang ke Balaikota untuk melaporkan hasil penelitian bersama UNP itu pada Walikota Deri Asta, pada Selasa 02 September 2020 kemaren.
Lebih lanjut, dikatakan Robert saat ini pihak Pokdarwis Lembah Sajonang sedang dalam tahap menyelesaikan pembangunan akses jalan dan sarana penunjang pariwisata di kawasan Gua Janjian itu.
“Kemudian kita juga masih terus melakukan pendampingan dan sosialisasi terkhusus untuk membentuk karakter sapta pesona pariwisata pada para anggota Pokdarwis Lembah Sajonang,” ujar Robert.
Sementara, menerima laporan dari Pokdarwis Lembah Sajonang itu, Walikota Deri Asta memberikan apresiasi dan mengatakan Pemko akan terus memberikan dukungan.
“Masa – masa awal Gua Janjian ini mulai dirintis untuk pariwisata, saya kan sudah langsung mencoba masuk ke sana. Jadi sudah menyaksikan dan merasakan sendiri bahwa memang Gua Janjian ini punya potensi besar sebagai wisata edukasi geologi dan konservasi. Terimakasih Pokdarwis Lembah Sajonang yang telah memulai menggarap potensi tersebut, kita akan ikut mendukung melalui Dinas Pariwisata atau pun Dinas lain yang sesuai,” kata Walikota Deri Asta.

 




ARTIKEL LAIN