Sudah sejak lama peduli dan aktif bergerak dalam membantu, mengurus dan mengayomi anak – anak ‘istimewa’ atau disabilitas, Ny. Neldaswenti Zohirin kini dianugerahi penghargaan Tokoh Peduli Disabilitas oleh Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. Tak tanggung – tanggung, Neldaswenti yang merupakan pendiri dan pemilik Yayasan Rumah TIA Sawahlunto ini langsung memboyong prestasi sebagai Juara 1 dalam penilaian tokoh yang peduli pada anak – anak istimewa ini.

Meski menyabet prestasi yang cukup bergengsi tersebut, namun Neldaswenti Zohirin mengatakan bahwa penghargaan tersebut hanyalah bonus dan bentuk perhatian dari Pemprov Sumbar, sementara bagi dirinya pribadi tidaklah terpengaruh apakah dapat penghargaan atau tidak, untuk urusan berbagi dan peduli dengan anak – anak istimewa ini merupakan panggilan hati.

“Alhamdulillah, ternyata ada perhatian dan apresiasi dari Dinas Sosial Sumbar. Penghargaan ini saya dedikasikan untuk semua anak – anak istimewa di Sawahlunto. Juga untuk masyarakat para orang tua anak istimewa tersebut. Ini motivasi bahwa kita tidak perlu minder diberikan titipan oleh Allah berupa anak istimewa ini, mari kita sama – sama bergandengan tangan dalam merawat dan menumbuhkembangkan mereka,” kata Ny. Neldaswenti Zohirin, yang juga menjabat sebagai Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Sawahlunto.

Neldaswenti menerima penghargaan Tokoh Peduli Disabilitas 2019 yang langsung diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno itu pada Hari Peduli Disabilitas Internasional tingkat Sumbar, di Lapangan Imam Bondjol Padang, pada Selasa, 03 Desember 2019.

Sebelumnya, Neldaswenti yang sekaligus juga anggota DPRD Kota Sawahlunto dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini telah melalui proses penilaian dari para juri sejak November lalu. Penilaian para juri yang dipimpin oleh Dr. Marlina ini meliputi uji wawancara dan verifikasi (peninjauan) ke lapangan.

Neldaswenti Zohirin memang diketahui sudah sejak lama terjun di ranah anak – anak disabilitas ini. Selain melalui Yayasan Rumah TIA, buk Ety panggilan akrabnya juga aktif memperjuangkan akses dan hak – hak bagi anak – anak istimewa ini melalui jalur legislatif maupun eksekutif.

Neldaswenti juga merupakan Ketua Forum Komunikasi Orang Tua Peduli Anak Spesial (Forkasi) Kota Sawahlunto.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, usai menyerahkan penghargaan tersebut kepada Ny. Neldaswenti berharap agar dengan penghargaan tersebut memicu tokoh – tokoh lainnya, termasuk pejabat pemerintahan dan legislatif untuk ikut peduli dengan hal – hal menyangkut disabilitas.

“Saya rasa anak – anak istimewa di Sawahlunto sangat beruntung memiliki buk Neldaswenti yang sangat peduli. Dengan kedudukan beliau sebagai istri Wakil Walikota dan juga anggota DPRD, tentu sangat strategis dalam mendorong, membantu dan memfasilitasi berbagai hal untuk anak – anak istimewa ini. Juga para orangtua anak istimewa, mendapat kesempatan yang bagus dalam berkoordinasi dengan ibuk Ety,” ujar Irwan Prayitno.

Menanggapi penghargaan yang diterima Ny. Neldaswenti itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebut bahwa Neldaswenti memang sangat pantas untuk diapresiasi dengan penghargaan tersebut, sebab gerakan yang dijalankan beliau di bidang disabilitas tidak perlu diragukan lagi.

“Selamat buk Ety, semoga nantinya juga menerima penghargaan dari nasional. Perlu kita sampaikan, bahwa dalam berbagai program Pemko untuk masyarakat disabilitas ini, merupakan ide dan dorongan dari buk Ety. Sehingga sekarang sudah cukup banyak program Pemko untuk membantu anak – anak istimewa ini. Bahkan juga kami masukkan dalam visi – misi Kepala Daerah yang telah diterjemahkan oleh jajaran OPD dalam RPJMD,” kata Deri Asta.

Kedepan, Walikota Deri Asta juga berharap agar dengan penghargaan itu, memotivasi Neldaswenti untuk lebih banyak lagi berbuat bagi dunia disabilitas di Sawahlunto. Sekaligus juga menginspirasi bagi tokoh publik maupun masyarakat lainnya untuk ikut berbuat bagi anak – anak istimewa. (Humas)




ARTIKEL LAIN