Pengibaran Bendera Raksasa Sambut HUT RI

Bendera merah putih raksasa berukuran panjang 20m dan lebar 15 meter berhasil dikibarkan di sebuah tebing terjal di kawasan Puncak Pari oleh tim yang terdiri dari Vertical Rescue Kota Sawahlunto, Federasi Panjat Tebing Kota Sawahlunto, TNI, Pemadam Kebakaran dan Pramuka. Pengibaran bendera raksasa pada selasa 15 Agustus tersebut diawali dengan upacara penghormatan bendera oleh tim yang dilakukan sejak pukul 11 siang.

Kemudian tim membawa bendera raksasa tersebut mendaki kawasan Puncak Pari, dan akhirnya berhasil memanjat cadasnya tebing batu dengan kemiringan 90 derajat berketinggian 150 meter untuk memasang bendera. Pemasangan bendera selesai dilakukan sekitar pukul 15 siang diakhiri dengan penghormatan bendera oleh seluruh tim.

Serma Aspil Abyas Sekretaris FPTI Kota Sawahlunto yang memimpin pemasangan bendera ini mengatakan bahwa ini adalah bentuk kecintaan mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah rela berkorban harta dan nyawa demi memerdekakan bangsa.

“Kecintaan itu kami aplikasikan dengan menunjukkan semangat generasi muda yang disimbolkan dalam bentuk pembentangan bendera di tebing curam dan tinggi,” ujarnya usai pengibaran bendera dengan tubuh masih bersimbah peluh di sekretariat FPTI.

Ia menjelaskan usai pengibaran bendera di Puncak Pari, tim juga akan melakukan pemasangan bendera di dinding Silo pada 16 Agustus 2017. (humas)




ARTIKEL LAIN