Forum Anak Kota Arang periode 2019-2020 dikukuhkan oleh Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti pada jumat (13 Desember) di Balaikota.
Ilham Ronaldi pelajar SMAN 3 Sawahlunto dikukuhkan sebagai Ketua Forum Anak, M. Sahal Hardiyan siswa SMAN 1 sebagai Wakil Ketua, Diva Alexandra siswa SMAN 1 Sekretaris, Wulan Delvi Rani SMAN 3 Sawahlunto Bendahara. Mereka dikukuhkan bersama pengurus lainnya yang berasal dari pelajar SLTP dan SLTA se Kota Sawahlunto.

Zohirin menaruh harapanĀ kepada Forum Anak Kota Sawahlunto untuk menjadi pelopor perubahan dilingkungannya dan aktif
melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung realisasi Hak Anak.

Forum anak diminta peduli dan melaporkan jika ada anak yang putus sekolah atau jika terjadi kekerasan terhadap anak dan kasus pelanggaran hak anak lainnya.

Dengan dukungan aktif dari Forum Anak, Zohirin menargetkan Sawahlunto akan meraih peningkatan predikat menjadi Kota Layak Anak Utama setelah sebelumnya mendapat predikat Kota Layak Anak Nindia.

Zohirin juga menegaskan pihaknya memiliki komitmen yang besar untuk melindungi hak anak.

Karenanya Pemko menolak segala bentuk iklan rokok, termasuk tidak menerima sponsor rokok untuk berbagai perhelatan kota, meski sponsor rokok bisa saja menanggulangi pembiayaan iven.

Pemko juga komit menjadikan anak Sawahlunto sebagai aktor pembangunan, melalui pelibatan anak dalam Musrenbang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan hingga tingkat Kota.

Zohirin juga membuka lebar pintu rumahnya bagi komunitas-komunitas anak untuk menjadi tempat berkegiatan.

“Setiap minggu selalu ada kegiatan komunitas anak di rumah, seperti kegiatan melukis oleh Forum Peduli ABK, pertemuan Pramuka” ujar Zohirin sembari mempersilahkan Forum Anak untuk melakukan kegiatan di kediamannya.(humas)




ARTIKEL LAIN