64 Orang lulusan D II Teknik Tambang dan Teknik alat berat Program studi Diluar Domisili (PDD) UNP Kota Sawahlunto menerima ijazah kelulusan dan berhak menyandang gelar Ahli Muda. Penyerahan ijazah tersebut dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Teknik UNP DR.Fahmi Rizal didampingi Walikota Sawahlunto dan sejumlah coordinator PDD UNP di Gedung Pusat Kebudayaan pada selasa (19/9).

Diungkapkan Fahmi Rizal bahwa PDD yang telah berdiri sejak 2013 di Sawahlunto dibawah binaan Universitas Negeri Padang ini merupakan cikal bakal dari lahirnya Akademi Komunitas Sawahlunto nantinya. Tapi untuk menjadi Akademi Komunitas seperti yang diimpikan oleh Sawahlunto, masih terbentang tantangan kedepan yang cukup berat.

Namun demikian langkah Pemko Sawahlunto merintis Akademi ini sudah sangat tepat, karena ini memperlihatkan keseriusan Pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM generasi muda kota ini untuk siap menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin berat.

PDD sendiri saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan 11 tenaga Dosen pengajar dibantu beberapa tenaga staf pendidik yang kini tengah menempuh pendidikan S2.

Dalam acara penyerahan ijazah kepada wisudawan angkatan ke III PDD Sawahlunto itu, Drs.Irzam K MM Asisten Administrasi Umum Setdako Sawahlunto mengatakan selain merintis Akademi Komunitas, Pemko Sawahlunto cukup komit dalam memajukan pendidikan seperti upaya menjadikan SMAN 3 menjadi sekolah unggul berasrama, namun sayangnya program ini menemui kendala berupa terbitnya regulasi dari Pemerintah Pusat dan pengalihan wewenang penglolaan SMU kepada Pemerintah Provinsi.

Lebih lanjut Irzam memaparkan bahwa Pemko kemudian berupaya membentuk SMPN unggul, dan syukurnya langkah ini sudah terealisasi dalam waktu yang tidak lama. Saat ini proses belajar SMPN 2 sebagai sekolah unggul telah mulai berjalan, meski masih dengan berbagai keterbatasan. Keterbatasan ini menjadi tantangan yang akan terus diatasi bersama-sama oleh Pemko dan dengan dukungan masyarakat.

Please follow and like us:
error




ARTIKEL LAIN