Walikota Sawahlunto Deri Asta mengungkapkan bahwa Pemilihan Gubernur Sumbar menjadi salah satu agenda yang harus disukseskan bersama-sama di tahun 2020, hal ini diutarakannya dalam sidang Paripurna di akhir 2019 lalu.

Untuk sukses pelaksanaan Pilgub, KPU Kota Sawahlunto mulai melakukan proses perekrutan penyelenggara adhoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Sumbar tahun 2020.

Proses rekrut PPK tersebut dijadwalkan mulai 15 Januari 2020 dengan masing_masing kecamatan akan direkrut 5 orang anggota PPK dengan masa kerja dari 1 Februari hingga 30 November 2020.

Pelaksanaan Pemungutan suara Pilgub diseluruh kab/kota di Sumatera Barat dijadwalkan serentak pada 23 September 2020 mendatang.

Ketua KPU Fadlan Armey mengatakan tingkat partisipasi masyarakat Sawahlunto pada Pilkada 2018 lalu tercatat sebagai yang tertinggi di Sumbar, ia berharap pada Pilgub tahun ini akan terulang sukses yang sama.

Sementara untuk pendaftaran Pasangan calon Kepala Daerah peserta Pilgub yang didukung partai politik mulai mendaftar pada 16 Juni mendatang.

Sementara peserta pemilu calon perseorangan harus terlebuh dahulu mengantongi syarat dukungan minimal 8,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap Sumbar atau minimal 316.051 berkas pendukung.

Jika ada, berkas dukungan calon perseorangan yang diajukan ke KPU nantinya akan di verifikasi oleh KPU langsung ke alamat pendukung berdasarkan KTP by name by adress.
“Jadi akan dicek betul, apakah dukungannya valid atau tidak” ujar Fadlan. (Humas)

Please follow and like us:




ARTIKEL LAIN