Kebanggaan dan semangat jelas terpancar dari wajah anak-anak berpakaian khas etnik Minangkabau. Mereka menyambut para tamu yang hadir menyaksikan malam peresmian Sekretariat Forum Seni Anak Nagari pada minggu malam 17 September 2017 dengan seni tari dan silek minang.

Ismed, SH Wakil Walikota Sawahlunto meski berdarah jawa tapi merasa bangga melihat kebangkitan semangat anak nagari Minangkabau yang kembali memeluk erat seni tradisinya.

Ismed menyatakan pihaknya akan terus mendukung dengan menghadirkan randai dalam berbagai iven kota, dan menjadikan randai sebagai seni kebanggaan Sawahlunto melalui Festival Randai sebagai iven tahunan untuk semakin memicu semangat khususnya generasi muda menggeluti randai.

Keberadaan Forum Seni Anak Nagari ini ternyata tidak hanya merangkul sejumlah sasanah randai di Sawahlunto, tapi juga mengikat persaudaraan dengan beberapa grup randai dari Sijunjung dan Solok.

Sejak berdirinya Forum ini sekitar 2 tahun lalu, telah menggelar pertunjukan dan silaturahmi rutin 3 bulan sekali secara bergilir di masing2 nagari yang ditujukan untuk membangkitkan kembali nafas randai dan kembali menjadikannya kebanggaan di setiap diri orang Minangkabau, khususnya generasi muda.

Forum ini juga aktif di berbagai kegiatan kota, seperti menyemarakkan HUT Kota, Festival Randai hingga dan di berbagai iven Sumatra Barat. (humas)




ARTIKEL LAIN