Setelah Ali Yusuf mendapat Satyalencana di Hari Koperasi RI, kali ini beberapa koperasi Kota Sawahlunto mendapat penghargaan mulai dari tingkat Provinsi hingga tingkat nasional. Yaitu Kopinkra Silungkang yang dinobatkan sebagai Koperasi Penggerak Pembangunan tingkat nasional dan KPRI Teknologi SMKN 2 yang dinobatkan sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Sumatera Barat.

Menurut Ali Yusuf Wako Sawahlunto,pada acara gerak jalan berhadiah di kawasan Lapseg minggu (30/7), penghargaan tingkat nasional dan provinsi ini menjadi bukti bahwa kota Sawahlunto walaupun memiliki keterbatasan dari segi kuantitas wilayah dan penduduk namun dari segi kualitas pergerakan pembangunan kita mampu menunjukkan daya saing dengan berbagai daerah di Indonesia.

Sementara untuk memacu semangat masyarakat menggerakan koperasi untuk kesejahteraan, Pemko Sawahlunto melakukan penilaian dan memberikan apresiasi dan hadiah kepada beberapa koperasi dan UMKM terbaik tingkat Kota. Untuk UMKM terbaik 1 hingga terbaik 3 tingkat Kota yaitu Kelompok Anyaman Bambu Karya Bunda Desa Tumpuk Tangah, Kelompok Usaha Songket Kamiyar Desa Balai Batu Sandaran, dan Usaha Tahu JS Gudang Ransum.

Untuk Koperasi Fungsional terbaik 1,2 dan 3 tingkat kota apresiasi diserahkan kepada KPRI Koppa Sawahlunto, Koperasi Karyawan Ombilin dan KP RI SMP Kec.Talawi. Sementara untuk Koperasi Non Fungsional terbaik yaitu KSP Mekar Sari Desa Kolok Nan Tuo, KSP Mata Air Desa Kubang Utara Sikabu dan Kopinkra Silungkang.
Penilaian dilakukan kepada 68 Koperasi yang ada di Kota Sawahlunto berdasarkan ketepatan waktu RAT, Uraian tugas pengurus, peningkatan modal, SHU, aset dan partisipasi anggota. (humas)




ARTIKEL LAIN