Ratusan orang lanjut usia (lansia) bergembira, bergerak semangat mengikuti irama musik senam dalam acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 23 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Sawahlunto di Lapangan Segitiga pada kamis 15 Agustus 2019.

Peringatan Hari Lansia ini untuk menfasilitasi lansia dengan kegiatan menyenangkan sehingga bisa menikmati hari tua dengan sehat dan bahagia.

Selain senam bersama, kegiatan yang dibuka oleh Walikota Sawahlunto ini juga diisi denganĀ pemeriksaan kesehatan bagi Lansia untuk mencegah penyakit tidak menular, serta berbagai lomba, diantaranya lomba yel2-yel, lomba senam sehat, lomba lansia sehat dan hiburan lainnya.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan program untuk lansia dan kaum marginal lainnya adalah salah satu prioritas dalam Pemerintahannya, karena itu ia meminta OPD untuk terus menggiatkan program kegiatan untuk lansia sehingga Lansia Sawahlunto bisa berpola hidup sehat, mandiri sejahtera dan bermartabat.

Mendukung Lansia tetap mandiri dan sejahtera, Pemko Sawahlunto melalui Dinas Ketenagakerjaan juga telah mengajukan e-proposal ke Kementrian Tenaga Kerja untuk mendapatkan program pelatihan dan bantuan modal kewirausahaan bagi lansia di tahun ini.

Sementara bagi lansia kurang mampu, di bulan Juni 2019, telah diberikan bantuan konsumsi berupa beras, gula, minyak, telur dan susu kepada sejumlah lansia di 4 kecamatan oleh Dinas Sosial Kota Sawahlunto.(humas)

 




ARTIKEL LAIN