previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider
Bandung Barat – Meningkatkan wawasan dan kompetensi, salah satunya dilakukan dengan mencontoh pada yang sudah lebih dahulu terbukti baik dan berhasil. Inilah yang sedang dilakukan Karang Taruna Kota Sawahlunto dengan melakukan studi karya bakti pada Karang Taruna yang telah sukses dianugerahi sebagai terbaik dan teladan di tingkat nasional, yakni Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.
Studi karya bakti Karang Taruna Kota Sawahlunto ke Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat tersebut telah dilaksanakan pada Rabu, 03 Maret 2021 lalu. Selain berdiskusi dengan jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat, dalam kegiatan studi karya bakti itu Karang Taruna Kota Sawahlunto juga mengunjungi sejumlah tempat dan kegiatan yang dikelola Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat.
Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto, Andri Mahaputra, mengatakan bahwa studi karya bakti ini memilki arti penting bagi pihaknya dalam memperluas wawasan dan meningkatkan kompetensi dalam mengelola Karang Taruna.
“Kita tadi telah menggelar diskusi dan melihat bagaimana pengelolaan Karang Taruna di Kabupaten Bandung Barat ini yang telah diakui sebagai teladan di tingkat nasional. Memang banyak pelajaran yang dapat kami ambil dari teman – teman di sini. Kami pulang dengan membawa banyak inspirasi yang dapat diterapkan pula di Kota Sawahlunto nanti,” ujar Andri Mahaputra.
Dituturkan Andri, salah satu program Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat yang akan dibawa pihaknya guna diadopsi di Kota Sawahlunto adalah program kejar paket untuk generasi muda yang putus sekolah. Disebutkan Andri, memang di Sawahlunto jumlah anak yang putus sekolah tidak terlalu banyak, namun dengan program bisa menekan habis jumlah yang sedikit itu sehingga Sawahlunto bisa terbebas dari anak – anak yang putus sekolah.
Sementara, Walikota Sawahlunto Deri Asta yang mendampingi pengurus Karang Taruna Kota Sawahlunto tersebut bersama Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Ny. Eka Wahyu menyebut optimis Karang Taruna Sawahlunto termotivasi dan bisa bergerak untuk juga mengikuti jejak Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat untuk menjadi Karang Taruna berprestasi di tingkat nasional.
“Kalau untuk prestasi, nanti itu menjadi bonus saja. Yang jelas dari kegiatan studi karya bakti ini, kita telah memperoleh banyak ilmu dan wawasan yang sangat bermanfaat sekali. Semuanya harus kita terapkan di Sawahlunto sehingga manfaatnya bisa dirasakan pula oleh masyarakat Sawahlunto,” sebut Walikota Deri Asta.
Ditambahkan Walikota, agar semua ilmu dan wawasan yang telah diperoleh di Bandung Barat tersebut dapat benar – benar diresapi oleh jajaran pengurus Karang Taruna Kota Sawahlunto sehingga begitu kembali di ‘Kota Arang’ dapat diadopsi untuk diterapkan.
“Kita sangat berharap teman – teman Karang Taruna ini ilmunya yang didapat sekarang ini tidak hanya untuk disimpan di pikiran saja. Kita ke sini untuk mengambil ilmu yang bisa diterapkan dan dimanfaatkan di Kota Sawahlunto,” kata Walikota Deri Asta.
Hal yang tidak berbeda juga diingatkan oleh Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Ny. Eka Wahyu yang mengatakan agar setidaknya ada 1 atau 2 contoh dari Karang Taruna Bandung Barat yang bisa diterapkan di Sawahlunto nanti.
“Ini kan sudah banyak kita dibagi ilmu dan wawasannya oleh teman – teman di sini. Saya minta benar – benar ada 1 atau kalau dapat sampai 2 dan 3 contoh dari sini yang di Sawahlunto nanti bisa kita lakukan dan manfaatkan,” ujar Ny. Eka Wahyu.




ARTIKEL LAIN

No Comment

Comments are closed.