Ajang Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCA) 2019 akan kian berwarna dengan melibatkan desainer – desainer dari brand busana muslimah Ayou Mizzura. Bahkan direncanakan, istri Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny. Mufidah Jusuf Kalla juga diundang untuk dapat menghadiri langsung gelaran SISSCA pada 6 – 8 September 2019 nanti.

Terkait untuk melibatkan brand Ayou Mizzura dan mengundang Ny. Mufidah Jusuf Kalla, itu dapat dilakukan Pemko Sawahlunto dengan didukung dan difasilitasi oleh organisasi kaum perempuan Minang, Indo Jalito Peduli (IJP). Kesediaan IJP ikut berkontribusi dalam SISSCA tersebut merupakan buah manis dari komunikasi dan sinergi yang terjalin baik antara pimpinan daerah ‘Kota Arang’, yakni Walikota Deri Asta dengan para pengurus IJP itu.

Guna menindaklanjuti sekaligus mematangkan konsep dan teknis kerja sama Pemko dengan IJP tersebut, Senin 23 Juni 2019 kemaren Walikota Deri Asta bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan pertemuan dengan pimpinan dan sejumlah pengurus inti IJP, di rumah salah seorang senior IJP, yakni Elly Kasim, di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, disepakati berbagai hal, antara lain kesediaan IJP dalam memfasilitasi desainer – desainer, mengundang istri Wapres sekaligus Ketua Dekranas Pusat Ny. Mufidah Jusuf Kalla dan mengerahkan kurang lebih 80 orang anggota IJP untuk hadir menjadi peserta dan tamu di SISSCA nanti.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan, Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah (DKP2B) Kota Sawahlunto, Desri Fahmi yang mendampingi Walikota Deri Asta dalam pertemuan tersebut, pihak IJP sangat antusias dalam berkontribusi memeriahkan SISSCA.

“Untuk SISDCA 2019 ini, kita akan menambah satu inovasi, yakni ada SISSCA Stage. Semacam fashion show yang menampilkan variasi desain pakaian berbahan Songket Silungkang. Nah di SISSCA stage inilah nanti para desainer dan model dari IJP maupun Ayouw Mizzura akan tampil. Dan terlihat di pertemuan tadi, mereka sangat bersemangat untuk tampil tersebut,” kata Desri Fahmi, yang dihubungi Selasa, 25 Juni 2019.

Selain dari IJP, organisasi lainnya yang sudah turut menyatakan kontribusinya bagi penyelenggaraan SISSCA adalah Persatuan Keluarga Silungkang (PKS).

Pernyataan kontribusi dari PKS itu ditegaskan para pengurus organisasi para perantau Silungkang di Jakarta itu Sabtu malam, 23 Juni 2019 saat menerima Walikota Deri Asta yang mengunjungi pimpinan PKS di Gedung PKS, Jakarta.

Dikatakan Desri Fahmi yang mendampingi Walikota Deri Asta dalam pertemuan dengan PKS Jakarta itu, bahwa PKS siap berkontribusi untuk membantu publikasi SISSCA di media – media mainstream nasional.

“Selain dukungan publikasi, Persatuan Keluarga Silungkang (PKS) juga bersedia membantu untuk mengerahkan warga Silungkang, baik di rantau maupun di kampung halaman untuk beramai – ramai menghadiri dan menyukseskan SISSCA,” ujar Fahmi.

Dukungan dari sejumlah organisasi itu, dikatakan Walikota Deri Asta harus menjadi motivasi untuk menyelenggarakan SISSCA yang lebih baik dan lebih optimal.

“Dukungan dari organisasi seperti IJP dan Persatuan Keluarga Silungkang ini menunjukkan bahwa SISSCA itu mendapat perhatian dan apresiasi dari pihak luar. Sehingga mereka mau berkontribusi mendukung. Inilah yang harus memacu semangat kita, orang rantau saja mau membantu, masak kita yang di sini tidak tergerak untuk menyukseskan,” kata Walikota berusia 45 tahun itu. (Humas)




ARTIKEL LAIN