Pertumbuhan Ekonomi Sawahlunto Kelima Tertinggi di Sumbar

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sumbar di tahun 2016 terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi di semua kabupaten kota di Sumatera Barat, termasuk Kota Sawahlunto.

Dijelaskan Andy Rastika Kepala Bappeda Kota Sawahlunto bahwa perlambatan pertumbuhan ekonomi tersebut terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia sebagai dampak dari menurunnya pertumbuhan ekonomi nasional di tahun tersebut.

“Jadi hal ini terjadi secara nasional, bukan hanya di Sawahlunto saja. Data-data ini bisa diakses oleh masyarakat di website BPS” ujarnya.

Sementara untuk mengukur tingkat kesejahteraan dan keberhasilan pembangunan ada beberapa indikator yang bisa menjadi acuan yakni IPM (Indeks Pembangunan Manusia), PDRB Perkapita, GB Ratio, dan Indeks Pertumbuhan ekonomi.

Bahkan kalau kita lihat perbandingan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat tahun 2016, Sawahlunto mampu menempati peringkat ke lima tertinggi dari 19 kab/ kota.

Dengan urutan pertumbuhan ekonomi tertinggi oleh Kota Padang, disusul Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang, Solok dan Sawahlunto. Kalau dilihat dari laju PDRB, Sawahlynto bahkan mencapai Regional income diatas rata-rata Provinsi. Begitupun dengan IPM tahun 2016, Sawahlunto mengalami lompatan yang cukup drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya.




ARTIKEL LAIN