Petugas Puskesmas Lakukan Kunjungan & Pemeriksaan Kesehatan Rumah ke Rumah

Melakukan kunjungan dan pemeriksaan kesehatan dari rumah ke rumah menjadi kegiatan petugas Puskesmas Kota Sawahlunto.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto Yasril SKm, MKes kegiatan ini adalah aplikasi dari perintah Walikota agar petugas kesehatan turun ke rumah2 warga sekaligus mewujudkan program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga.
Dr.Sri Lestari Kepala Puskesmas Kampung Teleng mengatakan pihaknya memiliki target mengunjungi 2155 KK yang ada di wilayah kerjanya. Hingga saat ini pihaknya telah mengunjungi sekitar 500 KK.

Dalam kunjungan ke rumah-rumah warga tersebut selain melakukan pemeriksaan kesehatan, juga dilakukan pemantauan pola hidup dan konseling kesehatan terhadap keluarga.

Dari kunjungan kerumah-rumah ini kami mendapati ada anggota keluarga yang mengidap batuk TB tapi tidak menghiraukan kesehatan, ada ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan kesehatan. Ini salah satu manfaat pendekatan langsung ke rumah warga yakni memberi edukasi dan promosi kesehatan secara face to face, menyentuh warga yang enggan datang ke Pusat Kesehatan. Selain itu kita memiliki data yang jelas tentang kondisi kesehatan warga.

“Ada 12 indikator kesehatan yang dipantau dalam kunjungan tersebut, termasuk indikator kesehatan kejiwaan” ujar Dr.Sri.




ARTIKEL LAIN