, Pemerintah Minta Masyarakat Lebih Hati Hati

SAWAHLUNTO – Hujan deras disertai angin di Kota Sawahluntomengakibatkan longsor dan pohon tumbang. Dua pohon tumbang di Kecamatan Silungkang, mengakibatkan kemacetan panjang di ruas Lintas Sumatera, Kamis (11/10).

Kedua pohon tumbang itu terjadi di kawasan kuliner Soto Pami dan Air Dingin yang sama-sama berada di desa Muaro Kalaban. Untung saja kejadian itu mendapat respon cepat dari Badan Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah Sawahlunto, yang menerjunkan timnya dibantu Polri dan TNI.

“Dalam penanganan, selain Kesbangpol dan PBD, juga dibantu pihak Polri dan TNI serta masyarakat setempat,” ujar Kepala Badan Kesbangpol dan PBD, Adriyusman, Jumat (12/10).

Adriyusman mengungkapkan, hujan dan angin kencang yang terjadi Kamis, menjelang magrib itu, mengakibatkan 3 pohon tumbang dan 3 titik longsor di Kota Sawahlunto.

Selain di kawasan ruas Lintas, pohon tumbang juga terjadi di Desa Taratak Bancah.

Pohon tumbang di Desa Taratak Bancah mengakibatkan jalan terhalang dan merobohkan satu tiang listrik.

Akibatnya, sejak Kamis (11/10) sore, desa yang memiliki penduduk 700 jiwa itu gelap gulita. Aliran listrik terputus, warga pun harus memanfaatkan lampu minyak untuk penerangan.

Kepala Desa Taratak Bancah, Yusri Eka Putra mengungkapkan, untung ada warga yang memiliki genset, sehingga masih bisa mencas baterai handphonenya.

“Dari sore kemarin tidak hanya akses jalan, kami tidak bisa menggunakab akses handphone untuk berkomunikasi,” ujar Bapak dua anak itu.

Sementara itu, dua titik longsor yng menutup ruas jalab juga memutuskan akses Desa Balai Batu Sandaran ke daerah tetangga. Satu longsor lainnya terjadi di Desa Lumindai yang membuat warga tidak bisa menembus akses jalan ke desa tetangga.

Meski demikian, kedua desa yang bertetangga itu tetap dapat menikmati akses listrik dab komunikasi telepon.

Kepala Kesbangpol dan PBD Sawahlunto, Adriyusman juga menyebutkan, juga terjadi pohon tumbang yang menimpa rumah warga. Namun kejadian itu tidak mengakibatkan korban jiwa. Hanya kerusakan seng dan beberapa alat rumah tangga.

“Untuk pohon yang menimpa rumah ini, kami langsung perbaiki dan memberikan pergantian sebagai bantuan,” tambahnya.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati dalam menyikapi kerawanan bencana yang kerap terjadi akhir-akhir ini.

“Bagi aparatur desa dan kelurahan sebagai pemerintahan terdepan untuk terus meningkatkan koordinasi,” harap Deri Asta. (Humas)

Please follow and like us:
error




ARTIKEL LAIN