Berhasil ‘menghapus’ angka stunting (masalah gizi kronis) sampai 0 persen dan sukses mengkolaborasikan program Bintara Bina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dengan Posyandu, mengantarkan Posyandu Desa Sikalang Kecamatan Talawi memperoleh penghargaan Program Inovasi Desa (PID), yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Jakarta, Senin 25 November 2019 lalu.

Dijelaskan oleh Kepala Desa Sikalang, Edi Narwin Daulay bahwa Posyandu di Desa Sikalang yang sukses diganjar penghargaan oleh Kemendes PDTT ini adalah Posyandu Tunas Harapan di Dusun Kemiri Tarandam. Posyandu ini, terang Edi telah memiliki 30 program inovasi.

“Dari 30 program inovasi di Posyandu itu, yang menjadi program unggulan adalah bagaimana koordinasi dengan Babinkamtibmas sehingga masyarakat kita yang akan datang ke Posyandu ini bisa diantar jemput oleh personel Babinkamtibmas Polres Sawahlunto di Desa Sikalang, yaitu Briptu Harmade Putra,” kata Edi Narwin Daulay, yang dihubungi Kamis, 28 November 2019.

Didukung program antar jemput ke Posyandu oleh Babinkamtibmas tersebut, kata Edi sangat berpengaruh menaikkan angka partisipasi masyarakat. Sehingga, dari data yang tercatat, tingkat partisipasi warga ke Posyandu sudah mencapai 100 persen.

Keberhasilan partisipasi masyarakat mendapatkan pelayanan Posyandu mencapai 100 persen ini nyatanya juga berhasil menekan angka stunting di Desa Sikalang sampai nihil alias tidak ditemukan kasus.

“Kita di Desa Sikalang sekarang Alhamdulillah sudah bebas dari masalah gizi kronis atau stunting yang menyerang anak dan balita. Pasti ini merupakan manfaat dari terlayaninya sampai 100 persen warga kita di Posyandu,” ujar Edi.

Dalam kesempatan Program Inovasi Desa (PID) itu, tak hanya Posyandu Tunas Harapan yang diganjar penghargaan oleh Kemendes PDTT. Pemegang tampuk komando Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, yakni Walikota Deri Asta juga menerima penghargaan atas dukungannya dalam pelaksanaan PID di Kota Sawahlunto, khususnya Desa Sikalang.

Menanggapi penghargaan yang diterimanya bersama Posyandu Desa Sikalang itu, Walikota Deri Asta mengatakan bahwa penghargaan itu jangan sampai membuat lalai dan sombong, namun menjadi inspirasi dan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi.

“Tentunya, ini merupakan penghargaan untuk kader – kader Posyandu Tunas Harapan dan warga Desa Sikalang yang telah mendukung program Posyandu selama ini, termasuk pak Babinkamtibmas kita di sana yang telah dengan siaga bersedia mengantar jemput ibu – ibu ke Posyandu. Ini apresiasi dari pemerintah pusat terhadap apa yang telah bapak – ibu perjuangkan di Posyandu Tunas Harapan,” tutur Deri. (Humas)

Please follow and like us:
error




ARTIKEL LAIN