previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider
Mendorong semangat ribuan mahasiswa dan pelajar untuk berprestasi sekaligus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, Program unggulan Pemerintahan Deri Asta – Zohirin Sayuti yakni Pemberian Penghargaan kepada Siswa/siswi dan Mahasiswa/mahasiswi berprestasi akademik kembali diluncurkan di tahun 2020 ini.
Bahkan di tahun ini Walikota menambah kebijakan terbaru yakni khusus kepada tamatan SMA/MA/SMK dari keluarga kurang mampu yang diterima di Peguruan Tinggi (PT) program D3 ataupun S1 akan diberikan bantuan uang masuk sebesar Rp 5 juta dan uang semester sebesar Rp 2,5 juta persemester, selama 6 semester untuk program D3 dan 8 semester untuk S1.
Kebijakan tersebut diambil berdasarkan aspirasi masyarakat untuk mendorong semangat anak-anak Sawahlunto meraih pendidikan tinggi dan cita-citanya. “Kami berharap dengan semangat menempuh pendidikan tinggi, anak-anak dari keluarga kurang mampupun bisa membawa masa depan yang lebih baik bagi keluarganya” ujar Walikota.
Pemberian reward tersebut juga merupakan langkah konkrit Deri Asta untuk mewujudkan Visi Misi Pemerintahannya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dengan memberikan reward kepada generasi muda sebagai upaya membangun motifasi diri.
Selain kebijakan memotifasi generasi muda dari keluarga kurang mampu, reward yang akan diberikan Walikota sama seperti tahun sebelumnya yakni terdiri dari reward kepada tamatan SMA/MA/SMK yang diterima di PT Negeri dan Swasta sebesar Rp 2 juta untuk program S1 dan Rp 1,5 juta untuk program S1.
Bagi mahasiswa Sawahlunto yang mencapai prestasi Akademik dengan IP minimal 3,1 diberikan reward sebesar Rp 1 juta persemester.
Juga untuk pelajar SMP/MTS, SMA/MA dan SMK yang berhasil meraih nilai UN 10 besar tingkat Kota Sawahlunto diberikan reward sebesar Rp 1 juta rupiah.
Walikota juga mendorong semangat pelajar mentahfidz Al Quran dengan pemberian reward sebesar Rp 500 ribu bagi pelajar SD yang lulus ujian Tahfidz 1 juz dan Rp 750 ribu bagi pelajar SLTP yang lulus ujian tahfidz 2 juz.
Juga ada reward bagi mahasiswa yang kuliah di PT Swasta yang menjalin MOU dengan Pemko Sawahlunto sebesar UKT maksimal Rp 10 juta pertahun, seperti di Bstam Tourism Politeknik.
Melalui Surat Edaran Walikota No: 800/065/Disdik-2/SWL/2020, Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto selaku leading sektor program ini, menetapkan jadwal pengajuan persyaratan administrasi. Bagi mahasiswa dengan IP 3,1 pengajuan syarat administrasi dijadwalkan dari tanggal 16-27 Maret 2020 di Kantor Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto.
Sedangkan untuk yang diterima di Peguruan Tinggi berkas persyaratan administrasi diserahkan pada bulan 20 Juli – 14 Agustus 2020. Sementara syarat pengujian tahfidz akan dilakukan sekitar bulan April 2020.
Dari data Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, program reward prestasi yang mulai diluncurkan sejak kepemimpinan Deri Asta -Zohirin ini, telah menyentuh lebih dari 1500 mahasiswa dan pelajar Kota Sawahlunto. (humas)




ARTIKEL LAIN