Sawahlunto Terima Penghargaan Anugerah Kebudayaan dari Kemdikbud

JAKARTA, HUMAS – Diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi, Kota Sawahlunto mendapat penghargaan Anugerah Kebudayaan kategori Pemerintah Daerah. Anugerah Kebudayaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Ali Yusuf, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (29/09).

Diberikannya Anugerah Kebudayaan tersebut untuk Kota Sawahlunto, merupakan bentuk apresiasi pemerintah (Kemdikbud) terhadap pelestarian dan pengembangan seni & budaya di “kota pusaka” tersebut. Terutama untuk kinerja aktif Pemko setempat yang selalu mensupport dan memberikan fasilitasi bagi kegiatan-kegiatan kebudayaan.

Mendikbud Muhadjir Effendi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah daerah, termasuk Pemko Sawahlunto yang terus giat melestarikan kebudayaan. “Budaya ini adalah kekayaan tak ternilai bangsa kita. Sehingga harus terus kita jaga, lestarikan dan kembangkan. Salah satu untuk itu maka peran pemerintah daerah tentu begitu penting. Maka terimakasih kepada pemda-pemda yang telah melakukan itu, Anugerah Kebudayaan ini merupakan bentuk lain terimakasih kami”, papar Muhadjir.

Sebelum didapuk menjadi salah satu penerima Anugerah Kebudayaan tersebut, Sawahlunto telah terlebih dahulu diseleksi dan mendapat penilaian. Tim penilai Kemdikbud untuk kategori Pemerintah Daerah ini termasuk diantaranya Ryass Rasyid (pakar otonomi daerah) dan Komarudin Hidayat (akademisi).

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf seusai menerima penghargaan tersebut menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Sawahlunto yang telah ikut berkontribusi dalam pelestarian budaya di “kota pusaka”. Karena indikator utama keberhasilan pelestarian budaya Sawahlunto adalah peran aktif masyarakat.

“Pertama tentu terimakasih pada seluruh masyarakat, berkat partisipasi dan kerja bersama masyarakat inilah penilaian positif Kemdikbud kita dapatkan. Kemudian tentu Pemko akan terus, malah lebih meningkatkan lagi pelestarian budaya ini, sesuai dengan visi menjadi kota wisata tambang yang berbudaya”, tutur Wako Ali Yusuf.

Dilanjutkan Ali Yusuf, budaya juga merupakan prioritas dalam pariwisata di Sawahlunto. “Budaya itu identitas dan kekayaan yang tak ternilai, inilah yang kita sandingkan dengan pariwisata. Adanya budaya membuat pariwisata kita lebih berwarna, unik dan terjaga serta mempunyai nilai-nilai lokal”, sebut Ali Yusuf.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Permuseuman & Kebudayaan, Hendri Thalib bersama Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda & Olahraga, Efriyanto mengatakan bahwa berbagai program terus digerakkan Pemko terkait kebudayaan ini.

Please follow and like us:
error




ARTIKEL LAIN