Di zaman teknologi informasi yang semakin canggih, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti memandang pentingnya Sawahlunto mengaplikasikan kebijakan Satu Data Indonesia untuk mendukung tata kelola pembangunan yang lebih baik.

Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah yang terintegrasi secara online untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Daerah maupunĀ Instansi Pusat.

Bahkan saat membuka Sosialisasi Statistik Sektoral dan Perpres No 39 tahun 2019, Zohirin mengatakan dengan data statistik kita bisa melihat keberhasilan atau kegagalan pembangunan.

Zohirin membeberkan banyaknya ‘PR’ Pemko Sawahlunto untuk segera dituntaskan kedepan. Diantaranya PR untuk meningkatkan pembangunan kualitas manusia dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi kota.

Dijabarkan Zohirin, dari data statistik tahun 2017 Indeks Pembangunan Manusia Kota Sawahlunto berada di urutan ketujuh dari 7 Kota yang ada di Sumbar. Sementara Laju Pertumbuhan Ekonomi terus menurun begitupun dengan angka kemiskinan 2,1 di tahun 2017 menjadi 2,39 di tahun 2018.

“Dari data ini, artinya banyak PR yang harus kita tuntaskan bersama. Kami Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto menargetkan bisa membangun kesejahteraan sehingga kemiskinan bisa menurun hingga dibawah 2%” ujar pamong senior yang pernah menjabat Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto ini.(humas)

 




ARTIKEL LAIN