“Jika ada yayasan yang peduli dan berminat mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk meningkatkan skill komunitas atau warga sekitarnya dan memiliki lahan bersertifikat, silahkan ajukan proposal pendirian BLK Komunitas ke Pemerintah” ujar Afridamon yang mewakili Kepala BLK Sumbar dalam sambutannya pada pembukaan Sawahlunto Job Fair 2019 (11/12).

Ia menjelaskan Pemerintah Pusat sesuai kebijakan Presiden Jokowi menargetkan membangun 2.000 unit Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di tahun 2020 untuk membangun SDM Indonesia yang siap bersaing di dunia kerja.

Di 2019 ditargetkan 1.000 BLK Komunitas, di Sumatera Barat telah dibangun 11 BLK Komunitas tapi belum satupun di Sawahlunto. Tidak hanya membangun gedung, Pemerintah juga siap membantu sarana prasarana dan operasional pelatihan untuk BLK Komunitas se-Indonesia.

Afridamon juga menyebut, saat ini ada sekitar 15 ribu Pencari Kerja di Sumbar. Disayangkan jumlah yang besar ini, banyak diantaranya tidak memiliki skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Sementara itu Nasrizal, Kadis Naker Provinsi Sumbar mengungkapkan program Kartu Prakerja akan diluncurkan di tahun 2020, sebagai bantuan vokasi bagi Pencaker yang membuat peningkatan skill kemampuan diri melalui pelatihan kerja.

Pemerintah menyiapkan Kartu Pra Kerja hanya untuk 2 juta tenaga kerja se Indonesia. Ia berharap pencaker Sumbar bisa masuk kedalam data digital ini.(humas)




ARTIKEL LAIN