previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman dari Covid – 19 atau dikenal dengan istilah ‘New Normal’ dilaksanakan untuk membuat aktifitas masyarakat tetap bisa dilakukan secara aman dan terlindungi dari resiko penyebaran virus Corona. Sehingga, protokol kesehatan yang berlaku untuk mencegah penyebaran virus Covid – 19 harus bersama – sama dipatuhi dan dijalankan.

Hal itu disampaikan Walikota Sawahlunto Deri Asta, usai meninjau situasi penerapan ‘New Normal’ di Pasar Talawi, Selasa 09 Juni 2020. Dikatakan Walikota, dengan diberikannya akses agar berbagai aktifitas bisa dilaksanakan pada masa Tatanan Normal Baru ini jangan sampai membuat lalai sehingga mengacuhkan protokol kesehatan.

“Ini untuk kebaikan kita bersama, manfaatnya bagi kita, untuk melindungi kita juga. Jadi sekali lagi kita himbau mari kita bersama – sama menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid – 19 ini. Kan tidak berat, yang paling umum dan dasar itu kan 3 poin yaitu ; memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun kemudian menjaga jarak dan kontak fisik,” sebut Walikota Deri Asta.

Memastikan protokol kesehatan ini dikerjakan dengan sesuai ketentuannya, dari pemerintah kata Walikota berperan dalam mensosialisasikan dan membantu memfasilitasi fasilitas/sarana publik untuk dilengkapi dengan perlengkapan penunjang protokol kesehatan. Sementara dari aparat berwajib yakni TNI/Polri membantu dalam mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan ini.

“Nah sehingga masyarakat tinggal mengikuti dan menyesuaikan dengan ketentuan – ketentuan tersebut. Ketentuan protokol kesehatan ini pun kan berlaku bagi semuanya, tidak hanya bagi masyarakat saja. Jadi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), pihak swasta sampai aparat pun harus mematuhi protokol kesehatan juga,” tegas Walikota Deri Asta.

Usai memantau suasana ‘hari balai’ di Pasar Talawi bersama Kapolres Sawahlunto AKBP. Junaidi Nur dan Danramil Talawi, Walikota Deri Asta mengatakan pelaksanaan protokol kesehatan di pasar tersebut sudah berjalan baik. Untuk penyempurnaan, memang akan ada beberapa perbaikan dan peningkatan.

“Kita langsung koordinasikan pada pak Camat dan pengurus pasar, pertahankan pemberlakuan protokol kesehatan di pasar ini. Kemudian ada sejumlah peningkatan yang sebaiknya dilakukan, seperti dibuatkan posko di depan pasar untuk lebih mengkoordinir dan penambahan personel untuk lebih aktif berkeliling langsung ke tengah – tengah pedagang dan pembeli,” kata Walikota Deri Asta.

Sementara Kapolres Sawahlunto AKBP. Junaidi Nur menyebutkan jajarannya siap dan terus membantu melakukan pengawasan berlakunya kaidah – kaidah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman dari Covid – 19. Untuk di Pasar Talawi, pihaknya mengingatkan agar pedagang dapat secara keseluruhan memakai sarung tangan.

“Tidak mesti sarung tangannya yang dari bahan latexs/karet ya, kita toleransi dari bahan plastik dengan harga lebih terjangkau itu juga boleh. Yang penting memakai sarung tangan, sehingga kontak fisik terbatasi sesuai kaidah protokol kesehatan,” kata Kapolres.

Please follow and like us:




ARTIKEL LAIN