Meningkatkan kualitas hubungan emosional guru dengan murid dalam proses belajar mengajar, Pemko Sawahlunto bekerjasama dengan Program Pascasarjana Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (FIP UNP) menyelenggarakan Pelatihan Relasi Sosial/Attachment Guru – Murid, Sabtu 02 November 2019 di Aula Dinas Pendidikan Sawahlunto. Narasumber pelatihan yang terdiri dari para dosen BK FIP dipimpin langsung oleh Koordinator Prodi, Prof. Dr. Herman Nirwana.

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang membuka secara resmi kegiatan itu meminta para guru – guru BK dan Mata Pelajaran (Mapel) yang diuji dalam Ujian Nasional (UN) yang menjadi peserta kegiatan itu dapat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan baik. Sehingga ke depan, peningkatan mutu hubungan guru – murid dapat meningkatkan mutu pendidikan di ‘Kota Arang’.

“Ini kesempatan emas, kita dapat dilatih langsung oleh dosen – dosen berpengalaman dari UNP. Jangan ragu bertanya, ikuti pelatihan ini dengan aktif,” ujar Wawako Zohirin.

Zohirin menilai, hubungan emosional guru dan murid memiliki peranan yang strategis dalam mendukung proses pembelajaran. Tanpa emosi yang bagus, maka tidak akan optimal aliran transfer ilmu yang diberikan guru kepada murid.

Prof. Dr. Herman Nirwana pun memaparkan hal serupa, dikatakannya bahwa baiknya hubungan emosional guru dengan murid menjadi ‘pintu gerbang’ lancarnya aktifitas belajar mengajar.

“Melalui pelatihan sehari ini, kami akan bantu guru – guru di Sawahlunto dalam menangani hubungan emosional dengan murid – murid. Ini bentuk pengabdian masyarakat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi juga,” kata Herman Nirwana, yang dahulu pernah dipercaya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto semasa kepemimpinan Walikota Amran Nur.

Peserta pelatihan ini, dilaporkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sawahlunto, Asril yakni sejumlah 50 orang guru Mapel yang diuji di UN dan 17 orang guru BK.

Dari Program Pascasarjana BK FIP UNP sendiri, juga membawa belasan mahasiswa pascasarjana. Sementara untuk dosen terdiri dari ; Prof. Dr. Mudjiran, Dr. Alizamar, Dr. Daharnis, dan Dr. Afdhal. (Humas)

Please follow and like us:
error




ARTIKEL LAIN